Tiga Warga Kijang Ditangkap Polisi Karena Curi Kepingan Tembaga di PT. BAI

Tiga terduga pelaku pencurian besi bekas S (23) dan rekannya NA (50) serta MA (28) ditetapkan polisi sebagai tersangka.
Tiga terduga pelaku pencurian besi bekas S (23) dan rekannya NA (50) serta MA (28) ditetapkan polisi sebagai tersangka.

PRESMEDIA.ID, Bintan – Tiga warga Kecamatan Bintan Timur dibekuk Polsek Gunung Kijang, karena mencuri 22 keping tembaga seberat 50 Kg milik salah satu perusahaan subkontraktor PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

Adapun ketiga pelaku adalah S (23) sebagai otak pelaku dan rekannya NA (50) serta MA (28).

Kapolsek Gunung Kijang Iptu Sugiono, mengatakan penangkapan ketiga pelaku, dilakukan atas laporan sekuriti PT. BAI yang menyebut, tiga terduga pelaku melakukan pencurian kepingan tembaga milik perusahaan subkontraktor dikawasan itu.

Adapun kronologis kejadian, berawal pada Selasa (4/10/2022) sekitar pukul 20.00 WIB, Ketiga pelaku membawa mobil Toyota Rush, dan menerobos pintu penjagaan di gerbang keluar kemudian kabur.

Atas kejadian itu, membuat sekuriti curiga dan melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Atas laporan sekuriti itu, selanjutnya anggota Polsek Gunung Kijang melalukan penyelidikan,

Keesokan harinya Rabu (5/10/2022) ketiga pelaku berhasil dibekuk di Kecamatan Bintan Timur dan digelandang ke Polsek Gunung Kijang.

“Dari pengakuan ketiga pelaku, mereka merupakan eks karyawan di perusahaan subkontraktor tersebut. Sehingga berbekal kartu karyawan mereka memiliki akses untuk masuk dalam Kawasan PT. BAI,” ujarnya.

Untuk menjalankan aksi tersebut mereka sengaja merental Mobil Toyota Rush. Mobil tersebut dikemudikan oleh S dan MA. Sementara NA mengendarai Honda Beat untuk memantau lokasi.

Ketika suasana terbilang aman, mereka beraksi mencuri dan memasukan kepingan tembaga itu ke dalam mobil. Namun mereka gagal untuk keluar dari KEK Galang Batang karena ketatnya penjagaan pada malam itu.

“Setelah mereka kabur dengan mobil dari gerbang penjagaan pertama. Mereka pergi ke lokasi lain namun masih berada di KEK Galang Batang memindahkan kepingan tembaga tersebut. Mereka melakukan hal itu untuk menghilangkan jejak,” katanya.

Atas aksi pencurian tersebut mereka dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Sementara barang bukti berupa kepingan tembaga serta Mobil Toyota Rush dan Honda Beat disita untuk barang bukti.

Untuk proses hukum lebih lanjut, saat ini ketiga pelaku dilakukan penahanan.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.