Oknum Brimob Polda Kepri Bersama Dua Terdakwa Lainnya Divonis Seumur Hidup Karena Edarkan Narkoba Sabu

*Barang Bukti Motor dan Mobil Disita Untuk Negara

Terbukti edarkan dan miliki narkoba sabu 6,2 Kg, oknum Brimob Polda Kepri terdakwa Andrica Nicora Ginting bersama terdakwa Maskum dan Dika Tri Pamungkas dihukum seumur hidup oleh Hakim PN Tanjungpinang pada sidang online Selasa (25/10/2022). (Foto:Roland)
Terbukti edarkan dan miliki narkoba sabu 6,2 Kg, oknum Brimob Polda Kepri terdakwa Andrica Nicora Ginting bersama terdakwa Maskum dan Dika Tri Pamungkas dihukum seumur hidup oleh Hakim PN Tanjungpinang pada sidang online Selasa (25/10/2022). (Foto:Roland)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Oknum Brimob Polda Kepri terdakwa Andrica Nicora Ginting Munthe bersama dua terdakwa lain Maskum dan Dika Tri Pamungkas dihukum seumur hidup.

Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim, Risbarita Simarangkir didampingi Majelis Hakim anggota Siti Hajar Siregar dan Justiar Ronald di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa(25/10/2022).

Dalam putusannya, Hakim menyatakan ketiga terdakwa terbukti bersalah, melakukan permufakatan jahat, tanpa hak atau melawan hukum menerima, menawarkan untuk dijual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5.172,11 gram.

Perebutan ketiga terdakwa, dinyatakan Hakim terbukti sebagaimana dakwaan Primair Jaksa Penuntut Umum melanggar pasal 114 ayat 2 Jo. Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menjatuhkan hukum kepada ketiga terdakwa, dengan hukuman pidana penjara masing-masing selama seumur hidup dan denda Rp. 4,5 miliar subsider 3 bulan kurungan penjara,” ujar Hakim.

Menyatakan seluruh barang bukti narkoba jenis sabu-sabu, HP Redmi Warna Hitam, 1 unit HP Oppo A81 Warna Biru dan 1 unit HP Oppo Warna Biru, dan 1 unit HP merk Oppo Reno 5F warna ungu dirampas untuk dimusnahkan.

Sementara itu, barang bukti sepeda motor Yamaha Mio Soul Warna merah dengan BP 4195 IB, satu unit sepeda motor Merk Yamaha N-MAX warna merah BP 5992 QB, dan 1 unit mobil merk Toyota Yaris warna putih BP 1036 RY dirampas untuk negara.

Putusan ini, lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Eka Putra Waruwu yang sebelumnya menuntut ke tiga terdakwa dengan pidana penjara masing-masing 20 tahun dan denda Rp. 4,5 miliar subsider 3 bulan kurungan.

Atas putusan ini, ketiga terdakwa yang didampingi oleh penasehat hukumnya menyatakan pikir-pikir. Demikian juga Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya, Oknum Brimob Polda Kepri Terdakwa Andrica Nicora Ginting Munthe bersama terdakwa Maskum dan Dika Tri Pamungkas, diamankan Sat Narkoba Polresta di Bintan dan Tanjungpinang.

Dari penangkapan itu, Polisi juga mengamankan 5 bungkus paket besar narkoba sabu dengan berat total 6.210,6 Gram, yang diantaranya 5.172,11 gram barang bukti sabu dari terdakwa Dika.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.