KPU Bintan Buka Pendaftaran 50 Orang Anggota PPK Dengan Gaji Rp2,5 Juta

Sekretaris KPU Bintan Suciati
Sekretaris KPU Bintan Suciati (Foto:Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bintan secara resmi membuka pendaftaran anggota ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu 2024.

Sekretaris KPU Bintan Suciati, mengatakan pendaftaran anggota PPK Kecamatan itu dilakukan untuk anggota Adhoc PPK di 10 kecamatan di Kabupaten Bintan dan masing-masing Kecamatan membutuhkan 5 anggota PPK.

“Pendaftarannya dibuka pada pertengahan November 2022 ini sesuai draft Peraturan KPU untuk pembukaan pendaftaran anggota Adhoc PPK,” ujar Suci Rabu (2/11/2022).

Pendaftaran PPK lanjutannya, dibuka untuk umum.Jadi, bagi siapapun boleh mengikutinya asalkan dia warga Kabupaten Bintan.

Sementara untuk persyaratan lanjutnya, juga tidak rumit dan masing-masing pihak hanya membuat surat Lamaran, Berwarga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 17 tahun, tidak berpolitik praktis atau bukan anggota partai serta minimal berpendidikan terakhir tamatan SMA sederajat.

“Bagi pelamar, juga tentu harus ber KTP di Lokasi Kecamatan PPK yang dilamar. Contohnya, warga Bintan Timur melamar jadi PPK Bintan Timur dan tidak boleh di kecamatan lain,” ujarnya.

Untuk jumlah pelamar PPK di setiap kecamatan juga tidak dibatasi. Namun nantinya akan diseleksi untuk 5 Pelamar yang memenuhi persyaratan dan kriteria di masing-masing Kecamatan.

“Jadi setiap Kecamatan ada 5 pengurus PPK yang dibutuhkan, Dari Lima anggota PPK ini terdiri dari seorang ketua dan empat anggotanya,” ujarnya.

Terkait dengan gaji, Suciati mengatakan, gaji pengurus PPK Kecamatan ini lebih besar dibandingkan Panwascam. Dan bahkan, gaji anggota PPK Kecamatan ini setara dengan gaji Ketua Panwascam.

“Gaji Ketua PPK sebesar Rp2,5 juta per bulan sementara untuk empat orang anggotanya masing-masing Rp 2,2 juta perbulan,” ujarnya.

Ditempat Terpisah, Ketua Bawaslu Bintan Ondi Roby Susanto mengatakan, saat ini pihaknya juga telah merekrut dan melantik 30 orang Panwascam di 10 kecamatan di Bintan.

Ke 30 anggota Panwascam itu, akan mulai bekerja setelah tahapan Pemilu dimulai.

Sedangkan mengenai besaran gaji yang diterima anggota Panwascam, dikatakan Ondi tidak mengalami kenaikan dengan besaran yang diterima anggota Panwascam pada Pilkada 2020 lalu.

“Pengurus panwascam ini masing-masing 3 disetiap kecamatan, dengan struktur seorang ketua dan dua orang anggota. Sementara untuk gaji Rp2,2 juta per bulan untuk Ketua dan Rp1,9 juta per bulan utuk anggota,” ujarnya.

Ondi juga menyebut, jika sebelumnya Bawaslu Bintan sudah mengusulkan kenaikan, tapi pemerintah menolak. Jadi besarannya sama dengan Pilkada 2020 lalu,” sebutnya.

Penulis:Hasura
Editor  :Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.