31 Mahasiswa PBC Diwisuda, Sekda Kepri Ajak Kaum Milenial Berinovasi

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara menghadiri Wisuda Pertama Politeknik Bintan Cakrawala (Foto: Hasura)
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara menghadiri Wisuda Pertama Politeknik Bintan Cakrawala (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara memberikan apresiasi pada wisudawan dan wisudawati Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) di Auditorium Wisma PT BIIE, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Selasa (8/11/2022).

Ditemani Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepri, Luki Zaiman, Adi menghadiri dan menyaksikan langsung wisuda perdana 31 mahasiswa yang diwisuda dari program studi (prodi) D3 Seni Kuliner dan D3 Perjalanan Wisata di Politeknik tersebut.

Adi mengatakan, kedua prodi yang melakukan wisuda perdana tersebut memberikan arti yang penting bagi Provinsi Kepri karena pariwisata merupakan sektor unggulan dan para wisudawan sangat diharapkan menjadi SDM berdaya saing tinggi yang disiapkan untuk membangkitkan pariwisata di Kepri.

“Pemprov Kepri sangat berterimakasih dengan PBC karena melahirkan SDM yang berkualitas tinggi untuk membangkitkan sektor pariwisata kita,” ujar Adi.

Lulusan PBC ini juga dipersiapkan untuk langsung bekerja. Hal itu terbukti bahwa 67 persen mahasiswa yang baru di wisuda hari ini sudah mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan ternama seperti PT. BRC, Bintan Inti Executive Village, Club Med Bintan, The Sanchaya Bintan, Cassia Bintan, Banyan Tree Bintan, Nikoi Private Island, dan Best Western Premier Panbil (Batam).

“Mereka sudah banyak yang bekerja. Ini bukti nyata bahwa lulusan dari PBC ini dipersiapkan memang untuk dunia kerja di pariwisata,” jelasnya.

Dia juga mengucapkan berterima kasih kepada seluruh pemerintah daerah di 7 kabupaten/kota. Karena telah memberikan beasiswa kepada putra putri daerah untuk berkuliah di PBC. Dengan begitu peningkatan SDM di Provinsi Kepri dapat terwujud, katanya.

Pemprov Kepri melalui APBD, setiap tahunnya juga memberikan beasiswa kepada pelajar di semua jenjang. Baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu. Mereka dapat berkuliah secara gratis di kampus yang berada di wilayah Kepri maupun di luar Kepri.

“Kami berharap kedepannya generasi milenial segera beradaptasi. Lalu berkreasi dan berinovasi dengan potensi yang dimiliki. Dengan begitu dapat terwujud Indonesia Emas 2025,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, PBC yang merupakan perguruan tinggi vokasi kepariwisataan ini mulai perkuliahan perdana pada 2019. Sehingga pada 2022 ini ada sebanyak 31 mahasiswa yang selesai mengenyam bangku D3 dan mereka adalah lulusan PBC angkatan pertama.

“Mahasiswa yang diwisuda hari ini terdiri dari 16 wisudawan/ti dari Prodi D3 Seni Kuliner dan 15 wisudawan/ti dari Prodi D3 Perjalanan Wisata,” jelasnya.

Wisuda perdana yang mengusung tema “Berpikir Global, Berbudaya Lokal, Bekerja Optimal” ini juga berhasil membuat lulusannya diterima bekerja di beberapa hotel kelas internasional. Baik yang berada di Kawasan Pariwisata Lagoi maupun Batam.

“Sebagian juga ada yang memilih untuk membuka usaha secara mandiri. Karena ketika berkuliah mereka dididik untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja,” sebutnya.

Meskipun PBC merupakan kampus baru, namun memiliki banyak prestasi yang layak untuk dibanggakan. Untuk prestasi regional, PbC pernah meraih juara 2 lomba Table top Batam Culinary Fest 2020, juara 1 lomba essay ASPARNAS Kepri 2021, juara 2 lomba guiding museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah oleh Dispar Kota Tanjung Pinang 2021.

Kemudian, PBC pernah juga menjadi juara 1 lomba video pendek PT. ESCO 2021, juara 1 lomba Table top SMT Fest 2022, juara 2 Duta Bahasa Kepri 2021 dan juara 2 Duta Bahasa Kepri 2022.

Untuk prestasi nasional Juara 2 olahan kuliner pada event pekan Kreativitas Pemuda oleh Kemenpora 2022 serta prestasi Internasional yaitu Perwakilan Indonesia pada event Dubai Expo 2020 dan perwakilan Indonesia pada event World Cup Qatar 2022.

“Dibalik kesuksesan mahasiswa/i Politeknik Bintan Cakrawala, ada peran DUDI (Dunia Usaha dan Industri) dalam hal pengajaran. Hal ini dikarenakan tenaga pengajar di PBC bukan hanya berasal dari akademisi, namun juga berasal dari praktisi yang masih berkecimpung di dunia usaha dan industri sehingga mahasiswa terus mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan trend di dunia kepariwisataan,” ucapnya.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Ketua Yayasan Bintan Resort Aditya Laksamana, Vice President Director PT. BRC Frans Gunara, CEO Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bintan, Wan Rudi Iskandar, manajemen PT. BIIE, LAM Bintan serta pengurus Kampus PBC.

Penulis: Hasura
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.