Pemkab Bintan Kirimkan 40 Pengrajin Batik  Bintan ke BDI Padang

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama istrinya Hafizha Ramadhani saat melihat langsung proses serta sarana pelatihan pembuatan batik di Padang.
Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama istrinya Hafizha Ramadhani saat melihat langsung proses serta sarana pelatihan pembuatan batik di Padang. (Foto:Hasura) 

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah kabupaten Bintan akan mengembangkan sentra batik dalam mendukung potensi sektor pariwisata di Bintan.

Untuk merealisasikan pengembangan batik itu, Pemerintah pun, akan mengirimkan 40 orang pengrajin batik di Bintan ke Balai Diklat Industri (BDI) Kota Padang Provinsi Sumatera Barat untuk mendapat pelatihan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ketua Dekranasda Bintan Hafizha Rahmadhani, mengatakan pengiriman 40 orang warga pengrajin Batik itu, dilakukan untuk mengembangkan sentra batik di Bintan.

Hal itu dilakukan setelah sebelumnya, Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama istrinya Hafizha Ramadhani saat melihat langsung proses serta sarana pelatihan pembuatan batik di Padang.

Selain itu lanjutnya, BDI Kota Padang juga menawarkan untuk pendidikan dan pelatihan (Diklat) batik 3 in 1, untuk memberi pelatihan pada peserta disertai dengan uji kompetensi dan penempatan.

“Bahkan usai diklat, para peserta tidak dilepas begitu saja, mereka yang telah dibekali dengan ilmu akan mampu menghasilkan produk Batik nantinya. Maka dari itu, akan kita support penuh,” sebut Ketua Dekranasda Bintan Hafizha Ramadhani.

Peserta pelatihan 3 in 1 Batik ini sebutnya akan dilaksanakan di 2023 nanti. Peserta Pelatihan yang akan difasilitasi adalah batik dan tenun dengan ketentuan minimal peserta berjumlah 40 orang dengan batas usia 18 – 35 tahun.

“Nanti kita kirimkan 40 orang untuk diklat dengan BDI,” jelasnya.

Di awal 2023, Bintan sudah dapat melaksanakan pelatihan dimaksud. Dengan harapan akan dapat dilihat sejauh mana potensi pengembangan batik dan tenun yang ada di Bintan.

“Untuk tenun kita juga punya khas daerah. Untuk Batik sendiri kan sempena Hari Jadi Bintan nanti akan kita umumkan juara dari sayembara Batik, itu salah satu yang akan kita kembangkan,” ucapnya.

Penulis:Hasura
Editor :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.