Lupa Padamkan Api Usai Memasak, Rumah Warga Kawal Ludes Terbakar

Kondisi rumah Watina di Kampung Kawal Lama RT 02/ RW 02 Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Selasa (22/11/2022). (Foto: Hasura)
Kondisi rumah Watina di Kampung Kawal Lama RT 02/ RW 02 Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Selasa (22/11/2022). (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Satu unit rumah milik Watina di Kampung Kawal Lama RT 02/ RW 02 Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Selasa (22/11/2022).

Beruntung dalam musibah tersebut tidak sampai menelan korban jiwa.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bintan, Syamsul, membenarkan ada rumah yang ludes terbakar di Kawal. Rumah tersebut milik Watinah seorang lansia. Dia juga tinggal bersama anak dan kedua cucunya.

“Jadi yang tinggal di rumah itu ada 4 jiwa. Kini mereka tidak memiliki tempat tinggal karena rumahnya terbakar,” ujar Syamsul, Rabu (23/11/2022).

Musibah kebakaran itu terjadi pada Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 11.00 WIB. Ketika itu nenek Watinah sedang memasak nasi dengan kayu bakar.

Usai nasi tersebut masak, nenek Watinah pergi meninggalkan rumah untuk menyusul anak dan cucunya ke kebun. Namun dia lupa untuk memadamkan bara apinya.

“Diperkirakan penyebab dari kebakaran tersebut bahwa pemilik rumah lupa mematikan bara api di dapur. Akibatnya api membesar dan merambat ke bagian dinding berbahan kayu hingga api membesar dan meludeskan rumah tersebut,” jelasnya.

Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa karena kondisi rumah tersebut kosong atau ditinggal pemiliknya. Namun barang-barang elektronik dan lainnya hangus terbakar. Akibat kejadian tersebut pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Pemkab Bintan telah melakukan pendataan terhadap para korban guna perbaikan rumah yang terbakar. Kemudian juga diserahkan bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan para korban.

“Kita serahkan tenda gulung, kasur, matras, selimut, tikar lipat, makanan, seragam sekolah, dan beberapa komoditas sembako,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.