Asosiasi Media Siber Indonesia Resmi Deklarasi dan Dibentuk di NTT

Sebanyak 11 Media Online di NTT, mendeklarasikan pembentukan AMSI NTT, sekaligus melakukan Rakerda dengan ketua Yohanes Seo dan Johanes Yoseph Henuk sebagai sekretaris AMSI NTT. (Foto: AMSI NTT)
Sebanyak 11 Media Online di NTT, mendeklarasikan pembentukan AMSI NTT, sekaligus melakukan Rakerda dengan ketua Yohanes Seo dan Johanes Yoseph Henuk sebagai sekretaris AMSI NTT. (Foto: AMSI NTT)

PRESMEDIA.ID, Kupang – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi hadir dan dideklarasikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kehadiran AMSI di Provinsi NTT ini ditandai dengan diselenggarakannya acara Deklarasi, Seminar dan Konferwil pada Senin, 28 November 2022.

Deklarasi AMSI NTT dihadiri secara langsung oleh Koordinator Wilayah (Korwil) AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana. Kegiatan ini juga diikuti Ketua Umum AMSI, Wens Manggut dan pengurus pusat lainnya melalui video conference.

Hadir pula, Penjabat Walikota Kupang, George M Hadjoh, Staf Ahli Gubernur NTT Marianus Jelamu, Ketua BPH PB PGRI, Samuel Haning, Rektor UPG 45 David Selan dan Kaur Penmas Bidang Humas, Iptu Fery Nur Alamsyah.

Usai deklarasi, dilanjutkan dengan seminar dengan tema ‘Bersama AMSI Berantas Hoax di Era Digitalisasi Informasi’ dengan pemateri, Korwil AMSI Indonesia Timur, Upi Asmaradhana, Ketua BPH PB PGRI, Samuel Haning dan Paur Penmas Bidang Humas, Iptu Fery Nur Alamsyah.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaut Manggut mengatakan kehadiran AMSI di NTT menjadi jembatan bagi masyarakat dalam memenuhi haknya memperoleh informasi yang sehat dari media-media yang kredibel.

“Kehadiran AMSI bukan saja membuat ekosistem digital menjadi baik di masyarakat, tapi diharapkan menjadi ruang untuk kembali melahirkan jurnalisme yang berpihak pada kepentingan publik,” katanya.

Related Posts

Konferwil pertama AMSI NTT yang diselenggarakan di Aula Ora Et Labora Kampus Universitas Persatuan Guru (UPG) ini menetapkan Yohanes Seo sebagai Ketua dan Johanes Yoseph Henuk sebagai sekretaris AMSI NTT.

Korwil AMSI Indonesia, Upi Asmaradhana mengatakan AMSI NTT merupakan AMSI provinsi yang ke-25 yang dideklarasikan. Jumlah anggota AMSI di seluruh Indonesia kurang lebih 412.

“Pembentukan AMSI NTT adalah amanat organisasi, kongres, dan amanat rakernas,” ujar Upi.

Ia berharap dengan terbentuknya AMSI di NTT, bisa menjadi bagian dari upaya bersama untuk menegakan jurnalisme yang baik, dan juga menjadi mitra sejajar untuk semua pihak yang ada di NTT.

Dirinya juga berharap kehadiran AMSI NTT bisa meningkatkan kinerja anggota perusahaannya (Medianya), juga untuk meningkatkan kapasitas anggotanya.

“Kita berharap kehadiran AMSI di NTT ini akan menjadi mitra yang baik buat pemerintah, masyarakat khususnya, sehingga kemudian AMSI betul-betul membawa visi-misi yang baik untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Terdapat 11 media yang menjadi deklarator AMSI NTT, diantaranya nttterkini.id, kriminal.co, katongntt, ekorantt, katantt, nttonlinenow, onlinentt, tajukberitaonline, nttbersuara, lintasntt dan metrobuananews, serta satu anggota yakni floresa.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.