BAP Narkoba Anak Stafsus Gubernur Kepri dan 5 Tersangka Lain Dilimpahkan Polisi Ke Jaksa

Enam tersangka narkoba Ganja HI, R, GR, LK, P, dan HH diamanakan Polisi karena mengedarkan dan memiliki narkoba ganja di Tanjungpinang. (Foto: Roland)
Enam tersangka narkoba Ganja HI, R, GR, LK, P, dan HH diamanakan Polisi karena mengedarkan dan memiliki narkoba ganja di Tanjungpinang. (Foto: Roland)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Polresta Tanjungpinang menyatakan, telah melimpahkan Berita Acara Pemeriksaan Perkara (BAP) kasus narkoba, anak Staf khusus Gubernur Kepri bersama 5 komplotannya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang.

Keenam komplotan narkoba anak stafsus Gubernur itu adalah HI, R, GR, LK, P, dan HH

Kasat Narkoba Polresta Tanjungpinang, AKP Efendi, mengatakan keenam berkas perkara itu, saat ini telah dilimpahkan (Tahap I) oleh penyidiknya ke Kejaksaan negeri Tanjungpinang. Dan saat ini masuk dalam penelitian Jaksa Penuntut Umum.

“Untuk berkas sudah limpah tahap I ke Jaksa. Dan sedang diteliti JPU-nya,” kata Efendi Rabu (30/11/2022).

Jika dalam penelitian Jaksa dinyatakan Lengkap atau (P21) lanjut Effendi, Maka Pihaknya akan segera melakukan Tahap II atau (P-22) penyerahan barang bukti dan tersangka.

“Tunggu penelitian, kalau dikatakan jaksa sudah lengkap (P-21) maka kami akan segera tahap II,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Tanjungpinang Sudiharjo enggan memberi tanggapan atas pelimpahan berkas perkara narkoba dari Polresta Tanjungpinang itu.

Konfirmasi yang dikirimkan media ini, belum ada jawaban.

Sebelumnya, Satnarkoba Polresta Tanjungpinang menangkap dan menetapkan anak Staf Khusus Gubernur inisial GR sebagai tersangka pengedar dan pemilik narkoba ganja. Selain GR, Polisi juga mengamankan 5 tersangka lain dalam sindikat peredaran narkoba itu.

Penangkapan komplotan pengedar dan pemilik narkoba ini, berawal dari penangkapan tersangka BS honorer Satpol PP di Provinsi Kepri. pada Jumat (2/9/2022) lalu.

Selanjutnya, pada malam harinya Polisi kembali menangkap tersangka HI di perumahan Duta Paragon jalan Ganet Tanjungpinang.

Dari penangkapan ini HI pun berceloteh memperoleh barang haram narkoba itu dari R, dan akhirnya R diamankan. Oleh tersangka R mengaku bos komplotannya yang membawa dan mengedarkan narkoba ganja itu adalah GR pegawai honorer di salah satu dinas Provinsi Kepri.

Atas informasi itu, Polisi akhirnya melakukan penangkapan GR di rumahnya jalan Haji Ungar, Tanjungpinang sekitar pada Sabtu (3/9/2022).

Selain mengamankan GR, Polisi juga menemukan 1 unit handphone dan kotak hitam kosong. Dari dalam rumah GR juga diamankan tersangka LK dan P yang merupakan temannya.

Tersangka LK dan P merupakan orang yang diperintah GR menyimpan 3 paket narkoba ganja di rumahnya di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang.

Dari kelima tersangka, Polisi berhasil menyita 15,27 paket narkoba ganja.

Atas perbuatannya, Polisi menjerat 6 tersangka, dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 111 ayat (1) Jo pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.