Ditemukan 86 Kasus HIV di Tanjungpinang, Lelaki Penyuka Sesama Jenis Mendominasi

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Novi Herlina (Foto: Roland)
Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Novi Herlina (Foto: Roland)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sepanjang 2022 Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang mencatat temuan kasus human immunodeficiency virus (HIV) sebanyak 86 kasus.

Kendati mendekati angka seratus, Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Novi Herlina menyampaikan, jumlah kasus tahun ini menurun dibandingkan tahun 2021.

Pada tahun 202 ini Novi menyebutkan ada sebanyak 100 kasus. Sedangkan pada tahun ini sebanyak 86 kasus HIV.

Sementara itu, Novi menyebutkan bahwa paling banyak itu adalah kelompok resiko laki-laki yang menyukai sesama sebanyak 31 kasus, wanita pekerja seks (WPS) mencapai 24 orang, Pelanggan Pekerja Seks (PPS) 1 orang, waria 2 orang, pasangan suami istri 8 orang dan lain-lainnya 2 orang.

Sementara itu, Ia menambahkan untuk data pelanggan yang terkena HIV sebanyak 18 kasus.

“2021 jumlah lelaki penyuka sejenis mencapai 39 kasus, dan untuk WPS sebanyak 8 orang dan pelanggan terkena HIV 31 orang,” jelasnya, Kamis(1/12/2022).

Related Posts

Dalam mencegah itu, screening kesehatan di tempat beresiko setiap tahunnya selalu rutin dilaksanakan.

Ia memaparkan salah satunya melakukan pemeriksaan di tempat hiburan, hotel dan tempat pijat sebagai langkah pencegahan.

“Selain itu, disekolah-sekolah kita juga sudah lakukan sosialisasi, agar anak sekolah memahami dampak buruk dan cara menghindarinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Novi menjelaskan bahwa virus ini tidak dapat menular melalui kontak sosial, seperti makan bersama ataupun menggunakan fasilitas umum bersama.

Berbagai terobosan telah pun dilakukan, sambung Novi. Pihaknya berkomitmen untuk terus menekan angka kasus HIV di Tanjungpinang.

“Kita berkolaborasi dalam penanganan masalah HIV/AIDS diharapkan bisa menekan kasus ini,” pungkasnya.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.