Erwin Mangatas Malau dan Sutomo Jabat Ketua PT dan PT Agama Kepri Pertama

Pelantikan 21 Ketua Pengadilan Tinggi Banding pada 3 lingkungan Peradilan di bawah MA, termasuk ketua PT kepri dan Ketua PT Agama kepri Oleh Ketua MA di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung lantai 14 Jakarta, Rabu (30/11/2022) lalu. (Foto: Humas-MA)
Pelantikan 21 Ketua Pengadilan Tinggi Banding pada 3 lingkungan Peradilan di bawah MA, termasuk ketua PT kepri dan Ketua PT Agama kepri Oleh Ketua MA di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung lantai 14 Jakarta, Rabu (30/11/2022) lalu. (Foto: Humas-MA)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ketua Mahkamah Agung RI Syarifuddin menetapkan Dr. Erwin Mangatas Malau SH, MH sebagai ketua Pengadilan Tingkat Banding (PT) Kepri pertama dan Dr. HM Sutomo SH, MH sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kepri.

Pelantikan kedua ketua Pengadilan Tinggi Banding (PT) dan ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kepri ini, dilakukan Ketua MA bersama 21 Ketua Pengadilan Tinggi Banding pada 3 lingkungan Peradilan di bawah MA, di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung lantai 14 Jakarta, Rabu (30/11/2022) kemarin.

Kepala Biro hukum dan humas Mahkamah Agung republik Indonesia Obandi, mengatakan pelantikan Ketua PT dan PTA di 3 lingkungan Peradilan Mahkamah Agung ini, ditetapkan berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia,Nomor:339/KMA/SK/XI/2022. Selanjutnya Nomor:340/KMA/SK/XI/2022 dan Nomor 342/KMA/SK/XI/2022 tanggal 28 November 2022.

“Untuk Ketua PT Kepri Bapak Dr. Erwin Mangatas Malau SH, MH, dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bapak Dr. HM.Sutomo SH, MH,” ujarnya usai peresmian 13 PT dan 38 gedung PN di Tanjungpinang Senin (5/12/2022)

Erwin Mangatas Malau sendiri, lanjutnya adalah mantan ketua Pengadilan Tinggi Ambon, dan HM. Sutomo SH, MH adalah mantan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru.

“Kepada ketua PT dan ketua PTA Kepri serta Ketua PT lainya, Ketua MA juga menyatakan, agar segera melaksanakan tugas di masing-masing PT yang ditugaskan, untuk melaksanakan operasional pelayanan,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua MA HM. Syarifuddin usai meresmikan operasional 13 Pengadilan Tingkat Banding (PT) dan Pengadilan Tingkat Banding Agama (PTA) dan 38 gedung baru Pengadilan Tingkat Pertama atau (PN) dari Tanjungpinang, juga memerintahkan agar ketua dan wakil ketua serta hakim Pengadilan Tingkat Banding yang baru diresmikan, agar mempersiapkan diri melaksanakan tugas di masing-masing tempat yang ditunjuk.

Mengenai proses pelimpahan dan penyelesaian perkara banding di pengadilan tingkat banding yang baru kata ketua MA, Agar ketua pengadilan tingkat banding yang baru dan ketua pengadilan tingkat banding induknya melakukan koordinasi dengan baik dengan memperhatikan dan mempedomani ketentuan yang diatur dalam Pasal 5 dan 6 masing-masing Undang-Undang pengadilan tingkat banding yang baru.

“Dengan mulai beroperasinya pengadilan tingkat banding ini, maka semua perkara yang masuk ke pengadilan induk yang berasal dari wilayah hukum pengadilan tingkat banding yang baru, kalau perkara belum disidangkan di pengadilan induk, harus dilimpahkan ke pengadilan tingkat banding yang baru. Kecuali kalau itu sudah diterima dan sudah disidangkan, silahkan dilanjutkan pengadilan induk,” ujarnya.

Dengan diresmikan dan beroperasinya 13 Pengadilan Tingkat Banding (PT) ini, Ketua MA juga berharap kepada para ketua pengadilan tingkat banding yang baru, agar mempersiapkan diri untuk menata semua keperluan, agar pengadilan tingkat banding yang baru dapat beroperasi dengan baik.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.