Jadi Kurir Narkoba Miskanik Dihukum 9 Tahun Penjara

Terdakwa Miskanik, dihukum 9 tahun dalam persidangan virtual di PN Tanjungpinang (Foto: Roland)
Terdakwa Miskanik, dihukum 9 tahun dalam persidangan virtual di PN Tanjungpinang (Foto: Roland)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Terdakwa Miskanik, dihukum 9 tahun karena terbukti menjadi pengedar narkoba jenis sabu-sabu.

Putusan dijatuhkan Ketua Majelis Hakim, Justiar Ronal didampingi hakim anggota Siti Hajar Siregar dan Ribaritas Simarangkir di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (6/12/2022).

Dalam putusannya, Hakim menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana narkotika sebagai mana dakwaan pertama penuntut umum melanggar Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Atas perbuatannya terdakwa dihukum selama 9 tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan,” kata Hakim.

Sementara itu barang bukti satu unit handphone dan 1 paket narkoba sabu dengan berat 500 gram, dirampas untuk dimusnahkan.

Sedangkan satu unit sepeda motor Yamaha Xeon BP 5838 BJ, dirampas untuk negara.

Atas putusan itu, terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya menyatakan menerima. Sementara Jaksa Penuntut Umum Sari Lubis yang sebelum nya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 12 tahun dan denda Rp 1 Miliar menyatakan pikir-pikir.

Dalam dakwaan JPU, Terdakwa Miskanik dan terdakwa Tri Agustina sebelumnya ditangkap Satnarkoba Polresta Tanjungpinang di Komplek Ruko Pondok Gurindam Jalan Kijang Lama Tanjungpinang pada Senin (16/5/2022) lalu.

Terdakwa Miskanik bersama Tri Agustina (dilakukan penuntutan secara terpisah), disebut mengambil 500 gram narkoba sabu milik saksi Fitratullah di Jalan Dompak Lama pada Sabtu (14/5/2022).

Selanjutnya, terdakwa membawa sabu tersebut ke kediaman Tony (Dilakukan penuntutan secara terpisah) di Komplek Ruko Pondok Gurindam Tanjungpinang.

Setelah sabu tersebut dibagi dalam bungkusan kecil, terdakwa Miskanik dan Tri Agustina kemudian (menyebar) mengantarkan narkoba sabu tersebut ke lokasi yang disepakati dengan pembeli di Kilometer 10 Jalan Hang Lekir depan sekolah SMP Negeri 7 Tanjungpinang.

Atas penyebaran (pengantaran Sabu-red) sabu seberat 1 ons hingga setengah ons itu, terdakwa menerima upah Rp1,5 juta.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.