Anggota DPR-RI Cen Sui Lan Pastikan Pembangunan Pelabuhan FTZ Tanjung Moco Dilanjutkan 2023

Kunjungan kerja Cen Sui Lan di Tanjungpinang, Minggu (4/12/2022)
Kunjungan kerja Cen Sui Lan di Tanjungpinang, Minggu (4/12/2022)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar Cen Sui Lan, mendorong Pemerintah Pusat melalui Menteri Perhubungan agar melanjutkan penyelesaian pembangunan Pelabuhan FTZ Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak kota Tanjungpinang pada 2023 mendatang.

Politisi Senayan dari Dapil Kepulauan Riau (Kepri) ini juga mengatakan, penyelesaian pembangunan dua pelabuhan ini sama artinya menyelamatkan uang negara sebesar Rp250 miliar yang sebelumnya telah digunakan untuk pembangunan dua pelabuhan itu.

“Saya memastikan penyelesaian pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco ini 2023 akan dilanjutkan dengan alokasi anggaran Rp15 miliar. Biar bisa difungsikan,” ujarnya saat melakukan kunjungan dan melihat langsung kondisi pelabuhan Kementerian Perhubungan yang dibangun sejak 2009 itu di Tanjungpinang Minggu (4/12/2022) lalu.

Penuntasan pekerjaan pelabuhan Tanjung Moco Dompak itu lanjutnya, akan menggesa infrastruktur di sisi daratan pada 2023, sehingga bisa difungsikan sebagai pelabuhan bongkar muat.

Sebagaimana diketahui, dua pelabuhan yang dibangun Kementerian Perhubungan di Tanjungpinang ini, sudah menghabiskan dana APBN Rp120 miliar, Namun hingga saat ini kondisinya terbengkalai dan tidak dapat difungsikan.

Pada kesempatan itu Cen Sui Lan yang didampingi Kepala KSOP Tanjungpinang Ditjen Hubla Kemenhub RI dan stafnya serta staf ahli DPR RI Victor Angsono, Herdyanto dan Agustar serta Kol (Mar) Benyamin Ginting, juga meninjau sisi darat dan jalan pelabuhan (Pelantar) sepanjang 600 meter itu di kawasan FTZ Tanjung Moco.

Selain Pelabuhan Tanjung Moco, Politisi Golkar Dapil Kepri ini, juga menyatakan, akan mengajukan pembangunan Pelabuhan Dompak Tanjungpinang yang saat ini juga mangkrak bertahun-tahun.

Harapan, pelabuhan-pelabuhan itu akan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Tanjungpinang dan Kepri umumnya.

“Kan sayang sekali, dua pelabuhan ini belum difungsikan. Padahal, pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco sudah menghabiskan anggaran Rp120 miliar dan Pelabuhan Dompak Rp130 miliar. Kalau diselesaikan, bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Kepri,” ujarnya.

Untuk penyelesaian dua pelabuhan itu, Cen Sui Lan juga meminta support dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat di daerah hingga keberadaan dan kelanjutan pembangunan pelabuhan bisa cepat selesai dilaksanakan.

Penulis: Abdul Hamid
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.