Dua Desa di Tambelan Banjir Akibat Hujan Deras dan Pasang Laut Tinggi

Sejumlah rumah di dua desa di Kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan dilanda banjir setinggi paha orang dewasa, Selasa (13/12/2022). (Foto: Hasura)
Sejumlah rumah di dua desa di Kecamatan Tambelan Kabupaten Bintan dilanda banjir setinggi paha orang dewasa, Selasa (13/12/2022). (Foto: Hasura)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dua desa di Kecamatan Tambelan kabupaten Bintan dilanda banjir setinggi paha orang dewasa, Selasa (13/12/2022).

Akibat musibah ini, puluhan rumah dan perabotan rumah tangga termasuk elektronik milik warga tergenang dan rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, Romlah, mengatakan dua dari 7 desa dan 1 kelurahan yang dilanda banjir di Tambelan itu adalah Desa Batuk Lepuk dan Desa Kampung Melayu.

“Banjir itu tidak hanya menutupi akses antar desa. Tapi juga merendam rumah warga,” ujar Romlah, Rabu (14/12/2022).

Banjir yang terjadi di Desa Baru Lepuk merendam beberapa rumah di RT. 001, RT. 002, dan RT. 003. Begitu juga dengan Desa Kampung Melayu sebagian rumah juga terendam.

Dari hasil pengecekan tim di Tambelan lanjutnya, ada beberapa penyebab 2 desa itu dilanda banjir. Yaitu hujan deras disertai air laut pasang tinggi. Akibatnya air hujan tak dapat mengalir optimal ke laut sehingga merendam daratan rendah.

“Penyebab banjir lainnya dikarenakan adanya pembangunan toilet umum. Pihak desa membangunnya di atas sungai,” jelasnya.

Banjir tersebut tidak terjadi lama hanya sekitar 2 jam. Dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Untuk ketinggian air sepaha orang dewasa atau sekitar 60-80 Cm.

Ditanya kerusakan dan kerugian yang dialami warga. Ramlah mengaku belum mengetahuinya secara pasti karena pendataan masih berlangsung dilapangan.

“Untuk kerusakan pastinya ada. Seperti perabotan dan barang elektronik karena terendam banjir. Namun untuk total kerusakan dan kerugian masih didata,” katanya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.