Kepala KSOP dan Anggota DPR-RI Cen Sui Lan Serahkan Sertifikat Laik Berlayar Ratusan Perahu di Tanjungpinang

Kepala KSOP dan Anggota DPR-RI Cen Sui Lan Serahkan Sertifikasi Laek Berlayar Ratusan Perahu di Tanjungpinang
Kepala KSOP dan Anggota DPR-RI Cen Sui Lan Serahkan Sertifikasi Laek Berlayar Ratusan Perahu di Tanjungpinang (Foto:Roland) 

PRESMEDIA. ID, Tanjungpinang- Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang dan anggota DPR-RI Cen Siu Lan, menyerahkan Sertifikasi keselamatan berlayar kapal dan awak kapal, ratusan penambang Pompong (Perahu-red) di Tanjungpinang Kamis (15/12/2022).

Kepala KSOP Tanjungpinang Benyamin Ginting, mengatakan dari data KSOP, terdapat 140 Penambang kapal Pompong Pulau Penyengat, Kampung Bugis dan Senggarang yang telah dilatih dan sosialisasi mengenai keselamatan transportasi laut.

Ke seluruh alat angkut perahu Pompong di Tanjungpinang itu, telah dilakukan pemeriksaan dan sosialisasi tentang keselamatan pelayaran sebelum diberi sertifikat.

“Karena menjaga keselamatan berlayar penumpang dan awak Kapal Perahu Pompong ini menjadi tanggung jawab kita semua. Oleh Karena itu, kami lakukan verifikasi dan sosialisasi alat kelengkapan untuk keselamatan berlayar bagi penumpang warga penyengat, maupun orang yang berwisata,” kata Ginting di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022).

Ginting juga menegaskan, jika kapal dan awak kapal tidak terverifikasi, maka tidak ada jaminan kelayakan Kapal berlayar pada sejumlah transportasi laut tersebut.

“Jadi ketika sertifikasi kapalnya terbit, maka Kapal tersebut dipastikan layak berlayar dan sudah dilengkapi dengan alat pertolongan (Safety life) serta sertifikasi orang yang mengawaki Kapal tersebut,” jelasnya.

Karena lanjutnya lagi, Tekong atau Nakhoda Perahu Pompong dan warga yang menumpang Kapal, harus tau aturan berlayar serta paham situasi Perairan, kondisi cuaca dan lain sebagainya.

Ia berharap, melalui sertifikasi kapal dan awak kapal yang diperoleh, akan meningkatkan kesadaran dan pemahaman pengemudi Pompong di Tanjungpinang itu soal pentingnya keselamatan dalam berlayar.

“Kita terus bersinergi dalam membangun dan memenuhi kesejahteraan masyarakat khususnya pengemudi tambaang Pompong (Perahu-red) di Tanjungpinang,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Anggota DPR RI Cen Sui Lan juga berharap, Pengemudi Perahu (Penambang Pompong) di Tanjungpinang yang menerima sertifikasi dari KSOP tersebut dapat meningkatkan pelayanan pada penumpang dengan mengutamakan keselamatan berlayar.

“Selama inikan verifikasi pengecekan kelengkapan Lae kapal ini belum ada. Dan dengan adanya sertifikasi Laik Kapal dan Awak Perahu Pompong ini, akan membuat penumpang dan masyarakat yang mau dan ke Penyengat merasa aman karena ada life jacket dan alat keselamatan lainya,” kata Legislator DPR-RI asal Kepri ini.

Kepada penambang kapal Perahu, Cen Sui Lan, juga berjanji akan memperjuangkan bantuan kapal Perahu bagi para penambang kapal yang ada di Tanjungpinang.

“Akan kita usahakan, kalau ada hibah dari pusat kita ajukan untuk Penmbang Pompong (Perahu) di Tanjungpinang ini,” ujarnya.

Penulis:Roland
Editor  :Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.