KSOP Tanjungpinang Siagakan 8 Posko Layanan Terpadu Mudik Nataru 2022

Kepala KSOP Tanjungpinang, Letkol Marinir Benyamin Ginting
Kepala KSOP Tanjungpinang, Letkol Marinir Benyamin Ginting (Foto:Roland)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang siagakan 8 posko layanan terpadu arus mudik Natal dan Tahun baru (Nataru) 2022.

Kepala KSOP Tanjungpinang Letkol Marinir Benyamin Ginting, mengatakan Posko Layanan terpadu tersebut akan beroperasi selama tiga pekan mulai 18 Desember hingga 8 Januari 2023 untuk melayani warga yang mudik Natal dan Tahun Baru.

“Posko induk ditempatkan di depan Kantor KSOP Tanjungpinang. Sedangkan 7 unit posko teknis terpadu ditempatkan di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dan sejumlah pelauhan lainya seperti di pelantar Kuning, pelantar KUD dan pulau Penyengat,” ujarnya Sabtu (17/12/2022).

Sejumlah Posko ini berfungsi untuk memastikan apakah kapal pompong boleh berlayar atau tidak dan memantau kepadatan penumpang.

Sedangkan Posko teknis di Pelabuhan SBP Tanjungpinang lanjutnya, bertugas mengatur kelancaran datang dan keluarnya penumpang. Termasuk memastikan kapal tersebut boleh berlayar, atau tidak.

Di semua posko petugas diturunkan dari instansi Polri, TNI, Basarnas, KSOP dan instansi lainnya juga ikut mendukung pengamanan perayaan Nataru.

Terkait dengan Transportasi Laut, Kepala KSOP Tanjungpinang ini juga mengaku, sudah meminta semua operator kapal di Pelabuhan SBP Tanjungpinang untuk standby menyediakan kapal cadangan. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Pelabuhan SBP saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti.

“Misalnya tiba-tiba ada 200 penumpang yang mau berangkat sore hari. Jadi harus ada kapal cadangan. Kita juga siapkan kapal Navigasi,”jelasnya.

Selain itu untuk menjamin keselamatan penumpang, Ginting mengatakan, KSOP juga telah melakukan Ramp Cek, terhadap kapal yang beroperasi di Pelabuhan SBP.

“Jadi yang menjadi catatan, yang belum layak, harus segera diperbaiki. Di SBP sendiri saat ini ada 18 Kapal, tujuan domestik hingga internasional,” pungkasnya.

Penulis:Roland
Editor  :Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.