Sahkan Perda PKD, DPRD BIntan Sahkan 8 Perda dari 12 Prolegda 2022

DPRD Bintan sahkan Perda PKD, Selama 2022 DPRD Bintan sahkan 8 Perda dari 12 Prolegda (Foto: Hasura/Presmedia)
DPRD Bintan sahkan Perda PKD, Selama 2022 DPRD Bintan sahkan 8 Perda dari 12 Prolegda (Foto: Hasura/Presmedia)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan mengesahkan Rancangan Perda (Raperda) Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD) Kabupaten Bintan, menjadi Perda.

Pengesahan Perda PKD bintan ini, dilakukan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bintan pada Rapat Paripurna Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD) di Gedung DPRD Bintan, Rabu (21/12/2022) siang.

Sebelum disahkan, paripurna diawali dengan laporan Pansus DPRD Bintan tentang pembahasan yang telah dilakukan terhadap Ranperda PKD Bintan itu.

Atas laporan itu, selanjutnya Ketua DPRD Bintan meminta tanggapan dan pendapat anggota DPRD, yang pada saat itu seluruh anggota DPRD menyatakan sepakat, Ranperda tersebut disahakan menjadi Perda PKD.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan, perubahan Perda PKD Bintan itu, mutlak dibutuhkan dinamika dan perubahan aturan UU sehingga perlu disesuaikan dengan Peraturan daerah (Perda) yang baru.

“Untuk itu kami sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan oleh anggota DPRD, khususnya pansus DPRD Bintan atas saran, masukan serta komitmen bersama dalam percepatan penyelesaian pembahasan hingga terlaksananya persetujuan pada hari ini,” katanya.

Roby juga mengatakan, Dengan disahkannya Perda PKD Kabupaten Bintan yang baru itu, Perda tentang pengelolaan keuangan daerah itu sebagai turunan dan pelaksanaan dari Pasal 3 Huruf A Permendagri No 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Tentu dengan ditetapkannya Perda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah ini juga sebagai bagian dari upaya transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Pemkab Bintan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD sebagai Pemimpin Sidang Paripurna Fiven Sumanti, mengatakan ini merupakan perda terakhir di 2022 yang disahkan DPRD Bintan. Diharapkan peraturan ini dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

DPRD Bintan juga dikatakan Fiven, sepanjang 2022 telah mengesahkan 8 Perda dari 12 Prolegda yang diusulkan dan direncanakan pada 2021.

“Dari 12 Prolegda kita sudah sahkan 8 Perda di tahun ini,” ujarnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.