Pemkab Bintan Peroleh DAK Rp 9,8 M Untuk Peningkatan Sarana Pendidikan

Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan Kunjungan ke sejumlah daerah pesisir di Kabupaten Bintan. (Foto: Hasura).
Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan Kunjungan ke sejumlah daerah pesisir di Kabupaten Bintan. (Foto: Hasura).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp9,8 miliar untuk menggesa pembangunan sektor pendidikan.

Alokasi anggaran itu, akan digunakan untuk pembangunan dan pengadaan perlengkapan penunjang pendidikan di Lokasi Prioritas (Lokpri) Perbatasan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan melalui Kepala Bagian (Kabag) Pengelolaan Perbatasan Setdakab Bintan, Sri Rahayu, mengatakan Pemkab Bintan sangat mendukung penuh pembangunan di wilayah perbatasan melalui DAK 2022 dari Pemerintah Pusat.

“Untuk DAK Pendidikan Pemkab Bintan dapat Rp9,8 miliar lebih,” ujar Sri di Kantor Bupati Bintan, Selasa (27/12/2022).

DAK tersebut lanjutanya, digunakan untuk pembangunan dan pengadaan barang di sekolahan yang berada di wilayah Lokasi Prioritas (Lokpri) Perbatasan di Kabupaten Bintan. Diantaranya Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Gunung Kijang, dan Bintan Pesisir.

Adapun pembangunan yang dilaksanakan sepanjang tahun ini antara lain membangun rumah dinas (rumdin) guru, ruang kelas baru (RKB), ruang laboratorium komputer beserta kelengkapannya, ruang perpustakaan, ruang UKS, ruang tata usaha serta peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Inilah bentuk perhatian penuh pemerintah terhadap masyarakat di wilayah perbatasan. Tidak hanya perekonomian dan kesehatan tetapi pendidikan juga tetap menjadi prioritas,” jelasnya.

Secara rinci pembangunan dan pengadaan barang itu meliputi pembangunan rumah dinas guru itu sebanyak 4 unit yaitu rumah dinas guru di SDN 003 Kecamatan Bintan Utara, SMPN 13 Bintan Utara, SMPN 5 Kecamatan Gunung Kijang dan SMPN 24 Kecamatan Teluk Sebong.

“Rumah dinas guru yang dibangun itu ada 4 unit. Untuk ukurannya itu tipe 36,” katanya.

Kemudian untuk pembangunan laboratorium komputer beserta kelengkapannya itu di SMPN 24 Kecamatan Teluk Sebong, SMPN 22 Kecamatan Bintan Pesisir, dan SMPN 13 Kecamatan Bintan Utara.

Berikutnya pembangunan RKB di SDN 01 dan SDN 03 Kecamatan Bintan Utara, SDN 001 Kecamatan Gunung Kijang, SMPN 5 Kecamatan Gunung Kijang, dan SMPN 22 Kecamatan Bintan Pesisir. Lalu Ruang UKS di SMPN 22 Kecamatan Bintan Pesisir dan SDN 001 Kecamatan Gunung Kijang.

Sementara untuk ruang tata usaha dan perpisahan di SMPN 22 Kecamatan Bintan Pesisir. Terakhir, pengadaan peralatan TIK berupa laptop, proyektor dan infocus serta lainnya di 17 SD yang berada di 4 kecamatan serta pembangunan area bermain untuk anak-anak di PAUD Kecamatan Bintan Utara.

“Di 2023 mendatang, kita akan kembali mendapatkan DAK untuk melaksanakan pembangunan dalam menunjang dunia pendidikan di wilayah perbatasan,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.