Untuk Pertama, Pengadilan Tinggi Kepri Ambil Sumpah 17 Advokat Muda

Ketua Pengadilan Tinggi Kepri Erwin Mangatas Malau mengambil sumpah 17 Advokat muda dari PPKHI di PT Kepri Tanjungpinang, Selasa (27/12/2022). (Foto: Roland)
Ketua Pengadilan Tinggi Kepri Erwin Mangatas Malau mengambil sumpah 17 Advokat muda dari PPKHI di PT Kepri Tanjungpinang, Selasa (27/12/2022). (Foto: Roland)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 17 calon advokat muda, disumpah di Pengadilan Tinggi (PT) Kepulauan Riau, Selasa (27/12/2022).

Pengambilan sumpah Advokat muda ini,
Merupakan yang pertama kali dilakukan sejak PT Kepri ini terbentuk.

Mereka (Advokad-red) berasal dari Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Batam.

“Selamat kepada advokat baru, ini sejarah baru dalam catatan hidup saudara. Profesi baru sebagai advokat,” kata Ketua Pengadilan Tinggi Kepri Erwin Mangatas Malau dalam sambutannya.

Ia mengatakan, jadi advokat dituntut, berperan sebagai aparat penegak hukum yang profesional dan mengemban tugas mulia melaksanakan profesinya.

Sebagai Advokat, Mangatas menekankan banyak tugas dan aturan yang harus dilaksanakan, selain itu juga memiliki koridor hukum dan kode etik perilaku dalam menjalankan profesi atau di luar profesi.

Related Posts

“Hal ini harus dipahami seorang advokat karena tugas ini bukan hal yang ringan, karena menyangkut hidup banyak orang,” katanya.

Kepada calon advokat, Ketua PT Kepri ini juga menekankan agar advokat dalam mengemban tugas tidak semata-mata mencari bayaran. Tetapi, juga harus memiliki dedikasi membela hak hukum masyarakat lemah dalam praktek beracara secara prodeo.

“Advokat harus memiliki kepekaan dalam melayani orang yang kurang mampu (prodeo),” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PPKHI Batam Yuhermanto mengatakan, pelantikan advokat di PT Kepri ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Kepri.

“Saya berpesan agar menjunjung tinggi keadilan dan memberikan pembelaan yang profesional,” katanya.

Menurutnya pengambilan sumpah dan janji ini, kata dia, mereka sebelumnya dilantik sebagai anggota PPKHI DPC Batam di Batam .

“Sampai saat ini ada 70 orang anggota di Batam dan di Tanjungpinang,” Pungkasnya.

Penulis: Roland
Editor: Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.