Plt. Dispar Kepri Sebut, Pariwisata Kepri Miliki Prospek di 2023

Plt.Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira
Plt.Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dinas Pariwisata Kepri optimis, peluang pasar pariwisata Kepri akan bangkit pada 2023 mendatang.

Hal itu terlihat dari mulai positifnya jumlah kunjungan wisatawan Kepri pada Oktober 2022 yang mencapai 456.670 orang.

“Ini membuktikan, Kepri memiliki peluang yang baik di tahun depan, setelah dilanda Covid-19,” ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provisi Kepulauan Riau, Luki Zaiman Prawira saat diskusi prospek pariwisata Kepri 2023 saat dialog bersama stasion televisi nasional, Selasa (27/12/2022).

Diawal dialog, Luki menyampaikan kondisi kunjungan wisatawan asing ke Kepri saat dilanda Covid-19. Pada tahun 2019 atau awal mula Covid melanda, pariwisata alami kemunduran yang sangat tinggi atau down. Namun Luki mengatakan pada 2022 setelah Covid, kunjungan wisatawan asing terus mengalami kenaikan dengan berkisar tiga ribuan orang.

“Saat ini pada April hingga Oktober 2022 juga juga terus meningkat sebanyak 465.670 ribuan pengunjung. Selain itu, pada minggu lalu, mendapatkan data, untuk tingkat okupansi hotel di Kepri sudah di angka 80 persen.” ujar Luki.

Selain Luki, hadir juga Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab. Ia juga menyampaikan, saat Covid-19 melanda, Kawasan Lagoi hanya diberikan pemerintah untuk bertahan selama enam bulan.

Wahab mengatakan setelah lewat masa bertahan tersebut, ada satu hotel yang mempekerjakan karyawannya dengan masa kerja hanya setengah bulan saja, Selanjutnya, terus dihantui virus tersebut, bahkan ada sampai pengurangan karyawan atau pekerja.

“Begitu luar biasanya pengaruh Covid-19 terhadap dunia pariwisata,” sebutnya menyampaikan dampak yang dirasakan saat Covid-19.

Kembali Luki memaparkan, terhadap prospek 2023, isu pertama yang saat ini, ialah pernyataan Presiden. Indonesia akan tidak melaksanakan PPKM lagi.

Luki sebut pernyataan presiden tersebut sebagai kode atau lampu hijau untuk memberitahu bahwa pariwisata kembali dibuka dengan selebar-lebarnya.

Gubernur Kepri lanjutnya, juga telah mengeluarkan keputusan nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri.

“Saya yakin, kebangkitan pariwisata di Kepri akan kembalikan kunjungan wisatawan asing datang ke Kepri lagi,” pungkasnya.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.