Sebanyak 17 Bacalon DPD-RI Kepri Daftar ke KPU

*Bawaslu Kepri Lakukan Pengawasan Pencalonan DPD-RI

Komisioner KPU Kepri Arison (Foto: Dok. Presmedia.id)
Komisioner KPU Kepri Arison (Foto: Dok. Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 17 Bakal Calon (Bacalon) anggota DPD-RI Pemilu 2024 asal kepri mendaftarkan diri ke KPU.

Ke-17 Bacalon ini dinyatakan telah mengajukan dukungan pencalonan dari 20 calon sebelumnya yang mengajukan pendaftaran.

Anggota komisioner KPU Kepri Arison mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU, tahapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 terbagi menjadi 11 tahapan.

Masing-masing tahapan, juga telah disusun program dan jadwal penyelenggaraannya.

“Berdasarkan susunan program dan jadwal tersebut, pada tanggal 16–29 Desember Tahun 2022, dilaksanakan kegiatan penyerahan dukungan minimal pemilih Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Arison juga menyebut, dari tahapan pendaftaran calon DPD-RI, sebelumnya telah mendaftarkan diri 21 bakal calon anggota DPD dari Provinsi Kepulauan Riau, Hal itu ditandai dengan pembuatan akun pada Sistem Informasi Pencalonan DPD.

“Dari jumlah itu, 3 Bakal Calon tidak menyerahkan dukungan minimal pemilih, Dan 18 Bakal Calon menyerahkan dukungan minimal pemilih,” ujarnya.

Dari 18 Bakal Calon tersebut lanjutnya, satu Bakal Calon dikembalikan penyerahannya. Sedangkan 17 Bakal Calon surat dukungan nya dinyatakan lengkap dan Diterima.

Adapun 17 nama Bakal Calon tersebut yaitu:
1) Alias Wello,
2) Andhika Bintang Prasetya,
3) David Farel Sibuea,
4) Dharma Setiawan,
5) Dwi Ajeng Sekar Respaty
6) Gerry Yasid
7) Hardi Selamat Hood,
8) Haripinto Tanuwidjaja,
9) Hotman Hutapea,
10) Ismeth Abdullah,
11) Juanda,
12) R.Imran Hanafi,
13) Ria Saptarika,
14) Richard Hamonangan Pasaribu,
15) Sirajudin Nur,
16) Stephane Gerald Martogi Siburian,
17) Sunarto Poniman.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, dalam pelaksanaan pengawasan, Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu dengan pengawasan secara langsung, penyerahan dukungan minimal pemilik dari Bakal Calon Anggota DPD Provinsi Kepulauan Riau kepada KPU Provinsi Kepulauan Riau.

Pengawasan langsung, lanjutnya, dilakukan mulai dari dibukanya jadwal penyerahan dukungan hingga ditutupnya penyerahan dukungan pada tanggal 29 Desember 2022 di Kantor KPU Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk Pengawasan Bawaslu kepri memfokuskan pada:
1) Kepatuhan tata cara, mekanisme, dan prosedur
2) Ketepatan waktu penyerahan dukungan
3) Jumlah minimal syarat dukungan (2,000 Dukungan)
4) Jumlah minimal syarat sebaran pemilih (4 Sebaran)

Selain melakukan pengawasan secara langsung, Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau juga melakukan pengawasan secara tidak langsung melalui pengawasan layar pada Sistem Informasi Pencalonan DPD.

Pengawasan layar ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian kelengkapan dokumen dengan pencatatan data dalam Sistem Informasi Pencalonan DPD tersebut.

Data dan dokumen penyerahan dukungan minimal pemilih yang telah Lengkap dan Diterima akan dilakukan verifikasi administrasi pada Tanggal 30 Desember 2022–12 Januari 2023.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan kebenaran dari dukungan yang telah diajukan dan diserahkan, maka selanjutnya Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau akan melakukan pengawasan verifikasi administrasi data dan dokumen dukungan minimal pemilih.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.