Gubernur Ansar Resmikan Renovasi Bangunan RSAL Tanjungpinang Rp4 M

*Kepri Dapat dana APBN Rp107 M dari Kemenkes

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan Gedung Poliklinik RSAL dr.Midiyato Suratanai-Tanjungpinang, Senin (9/1/2023).(Foto: Humas-Kepri)
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan Gedung Poliklinik RSAL dr.Midiyato Suratanai-Tanjungpinang, Senin (9/1/2023).(Foto: Humas-Kepri)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meresmikan gedung Poliklinik RSAL Dr. Midiyato Suratanai-Tanjungpinang.

Peresmian renovasi pembangunan poliklinik yang menggunakan dana hibah APBD 2022 provinsi Kepri ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti, yang dilakukan Ansar Ahmad di RSAL Dr. Midiyato Suratani Senin (9/1/2023).

Pengerjaan renovasi dan peningkatan fasilitas RSAL Dr. Midiyato Suratani tersebut menggunakan dana hibah Rp4 miliar dari Pemerintah Provinsi di tahun anggaran 2022.

Dana hibah dari Pemerintah Provinsi Kepri Rp4 miliar itu, digunakan untuk merenovasi fasilitas gedung poliklinik, kamar jenazah, garasi angkutan, dan gedung cagar budaya di RSAL Dr. Midiyato Suratani.

Gubernur Ansar mengatakan, dana hibah yang diberikan untuk RSAL Dr. Midiyato Suratani merupakan dukungan Pemprov Kepri untuk meningkatkan fasilitas kesehatan rumah sakit itu dalam melayani warga Tanjungpinang dan sekitarnya.

Ansar juga menyebut, keberadaan RSAL Dr. Midiyato Suratani menjadi salah satu penunjang untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan selain RSUD Kota Tanjungpinang dan RSUP Raja Ahmad Thabib.

“Pemerintah daerah melalui UU Nomor 23 Tahun 2014 mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan dasar diantaranya adalah kesehatan, untuk itu kami terus berkomitmen memberikan dukungan untuk fasilitas kesehatan salah satunya yang krusial adalah RSAL Dr. Midiyato ini,” katanya.

Dengan selesainya renovasi dan peningkatan fasilitas RSAL Dr. Midiyato Suratani, Gubernur Ansar mengharapkan RSAL Dr. Midiyato Suratani dapat memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat.

Kepala Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Kolonel Laut dr. Edwin M Kamil pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepri Kepri. Ia mengaku renovasi sejumlah fasilitas RSAL akan semakin membantu RSAL mewujudkan pelayanan yang humanis, akurat, terpercaya, dan inovatif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M. Bisri, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dr. Elfiani Sandri.

Kepri Dapat dana APBN Rp107 M dari Kemenkes

Selain itu, Pemerintah provinsi Kepri, memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kesehatan dari APBN 2023 sebesar Rp107 miliar.

Anggaran DAK-APBN itu dialokasikan Kementerian Kesehatan di tahun 2023 untuk peningkatan fasilitas kesehatan di RSUD Raja Ahmad Thabib (RAT) Tanjungpinang.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad mengatakan, perolehan dana APBN untuk peningkatan fasilitas kesehatan ini, meningkat tinggi dari Rp5 miliar sebelumnya, menjadi Rp107 miliar di 2023.

“Berkat hubungan baik kita dengan Menteri Kesehatan tahun ini kita memperoleh dana tambahan anggaran kesehatan dari APBN, anggaran itu kita gunakan untuk meningkatkan fasilitas RSUP Raja Ahmad Thabib karena nanti di RSUP ada fasilitas pemasangan ring jantung,” kata Gubernur Ansar Senin (9/1/2023).

Dengan pengadaan fasilitas pemasangan ring jantung itu, diharapkan, akan dapat melayani kesehatan warga Kepri, sehingga tidak lagi ke luar daerah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.

Penulis: Presmedia
Editor: Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.