Ayo Daftar, Bawaslu Kepri Butuh 419 Orang Pengawas Pemilu 2024 di Desa/Kelurahan se-Kepri

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri (Foto: Bawaslu Kepri ) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri membutuhkan 419 orang tenaga pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) di desa dan kelurahan di Provinsi Kepri pada Pemilu Serentak 2024.

Ketua Bawaslu Kepri Said Abdullah Dahlawi, mengatakan pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi sebagai pengawas Pemilu pada pesta demokrasi serentak 2024 itu.

“Pendaftaran sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa dalam Pemilu serentak tahun 2024 dimulai pada 14 hingga 19 Januari 2023, dengan jumlah anggota Panwaslu Kelurahan/Desa yang dibutuhkan, sebanyak 419 orang di Tujuh Kabupaten/Kota Se-
Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya melalui rilis yang diterima media ini Jumat (13/1/2023).

Rekrutmen calon Pengawas Pemilu di Pedesaan dan Kelurahaan ini, lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Melalui Perppu Nomor 1 Tahun 2022 lanjutnya, juga memberikan kelonggaran untuk batas umur calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa.

Jika di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 pengaturan umur dibatasi minimal 25 tahun, pada Perppu Nomor 1 Tahun 2022 ini batas umur calon Panwas kelurahan dan desa bisa minimal 21 tahun.

“Bahkan, dalam hal tidak terdapat calon anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa dan Pengawas TPS yang memenuhi persyaratan, maka Perppu Nomor 1 Tahun 2022 membolehkan minimal umur 17 tahun dengan syarat mendapat persetujuan dari Bawaslu Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Adapun Persyaratan bagi pendaftaran Calon Panwas Pemilu Desa dan Kelurahaan adalah:
1.Warga Negara Indonesia.
2.Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 21 (dua puluh satu) tahun.
3.Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
4.Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil.
5.Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu.
6.Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
7.Berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
8.Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.
9.Mengundurkan diri dari keanggotaan partai Politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon.
10.Mengundurkan diri dari jabatan Politik, jabatan di pemerintahan dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih.
11.Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun
atau lebih.
12.Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan.
13.Bersedia tidak menduduki jabatan Politik, jabatan di pemerintahan dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.

Sumber:Bawaslu Kepri

Penulis:Presmedia
Editor   :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.