Uji Publik Penyusunan Dapil di Kepri, KPU Ajukan Dua Rancangan, Jumlah Kursi DPRD di Dapil Batam Akan Ada Yang Berkurang

Uji Publik Penyusunan Dapil DPRD Kepri dihadiri Ketua DPRD Kepri Afrizal Dachlan, dan sejumlah anggota lainya di Hotel Santika, Batam, Kamis (19-01-2023).
Uji Publik Penyusunan Dapil DPRD Kepri dihadiri Ketua DPRD Kepri Afrizal Dachlan, dan sejumlah anggota lainya di Hotel Santika, Batam, Kamis (19-01-2023). (Foto:DPRD-Kepri) 

PRESMEDIA.ID, Batam – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar uji publik penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepri pada Pemilu 2024.

Uji Publik penyusunan daerah pemilihan ini dilakukan, setelh sebelumnya, KPU Kepri dan Bawaslu menghadiri Rapat penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada Pemilu 2024 di KPU pusat.

Anggota Bawaslu provinsi Kepri Indrawan, mengatakan Rapat penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada Pemilu 2024 di KPU pusat dilakukan, Pasca putusan MK atas gugatan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) tentang aturan Dapil bagi Daerah otonomi baru UU Pemilu bertentangan dengan UUD 1945.

Selanjutnya, melalui putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 80/PUU-XX/2022 tentang pembentukan daerah pemilihan menyatakan, ketentuan norma Pasal 187 ayat (5) UU Pemilu bertentangan dengan UUD 1945. Hal itu tidak memiliki kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai, daerah pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan jumlah kursi setiap daerah pemilihan anggota DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dalam Peraturan KPU.

Indrawan mengatakan dengan putusan MK ini, KPU selanjutnya, diminta untuk menyusun daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepri pada Pemilu 2024.

“Untuk penyusunan Dapil dan jumlah Kursi ini, KPU juga diminta melakukan Uji Publik dengan Partai, Akademisi, Media serta Ormas dan OKP, dan selanjutnya disampaikan ke KPU pusat untuk ditetapkan,” ujarnya.

Di Provinsi Kepri, Uji Publik penyusunan Dapil juga telah mulai dilakukan KPU dengan DPRD di Hotel Santika, Batam, Kamis (19/01/2023). Hadir dalam pertemuan itu, Ketua DPRD Kepri Afrizal Dachlan, Sekretaris Komisi II Sahat Sianturi, Anggota Komisi IV Saproni serta didampingi Sekretaris Dewan Provinsi Kepulauan Riau Martin L Maromon. Kegiatan yang juga diikuti seluruh partai Politik.

Sebelumnya kata Idrawan, penyusunan daerah pemilihan di Kepri KPU mengajukan dua rancangan dapil ke KPU pusat. Kedua rancangan itu adalah Daerah Pemilihan (Dapil) di provinsi Kepri tetap seperti pemilu 2019 atau rancangan kedua, perubahan Dapil melalui pergeseran jumlah Kursi berdasarkan jumlah pemilih.

Alasan pergeseran karena sistem pembagian kursi berdasarkan jumlah penduduk dibagi dengan jumlah kursi berdasarkan bilangan pembagi.

“Jika menerapkan perubahan Dapil melalui pergeseran jumlah Kursi berdasarkan jumlah pemilih, maka pergeseran jumlah Kursi di Dapil Batam akan terjadi,” ujarnya.

Ketua KPU Kepri Sri Wati yang dikonfirmasi dengan uji publik penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepri pada Pemilu 2024 ini belum memberikan jawaban.

Saat dikonfirmasi Media ini melalui Handphone, Sri Wati mengaku masih ada kegiatan dan akan menelepon balik. Namun sayangnya, hingga berita ini diunggah Ketua KPU itu belum memberi tanggapan.

Penulis:Presmedia
Editor  :Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.