Warga Unjuk Rasa Tolak WNI dari Wuhan Dikarantina di Natuna

Warga Unjuk Rasa, Tolak WNI Dari Wuhan di Karantina di Natuna.

PRESMEDIA.ID,Natuna- Ratusan warga di Kabupaten Natuna melakukan aksi unjuk rasa di Bandara Raden Sadjat Natuna, menolak kedatangan WNI dari Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok Ranai, Sabtu (1/2/2020).

Sebagai mana rencana pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan, menetapkan RS di Natuna sebagai kawasan Observasi 250 WNI yang akan dievakuasi pemerintah RI dari Wuhan Tiongkok ke Batam.

Salah satu warga, Muhammad Karpi mengatakan, dirinya bersama masyarakat Natuna dengan tegas menolak kebijakan Kemenkes RI yang menjadikan Natuna sebagai tempat karantina atau Observasi.

“Kami sangat menolak hal itu,” tegasnya di Natuna.

Selain itu, ia juga mempertanyakan alasan kenapa Natuna dijadikan Pemerintah sebagai tempat bagi WNI dari Wuhan.

Padahal, masih banyak tempat di Indonesia yang memiliki penanganan medis lebih baik untuk menangani para WNI tersebut jika terindikasi virus corona.

“Jangan karena wilayah kami ini terdepan, Pemerintah Pusat sewenang-wenang mengambil kebijakan. Silahkan cari daerah lain sebagai lokasi karantina,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengaku, tidak mengetahui bahwa Natuna menjadi lokasi karantina WNI dari Wuhan. Hanya saja,berdasarkan instruksi dari Kemenkes, pihaknya diminta menyiapkan 3 rumah sakit di Kepri untuk menangani persoalan tersebut. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

Dikatakannya, secara tenaga medis dan fasilitas RSUD Natuna memang bukan salah satu yang terlengkap untuk menanganinya.

“Bisa jadi begitu. Tapi, kami tidak menerima surat atau instruksi lebih lanjut bahwa RSUD Natuna dijadikan lokasi karantina,”tukasnya.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...