Wawako Tanjungpinang Minta Satgas Perkuat Upaya Pencegahan TPPO

0 19
Wakil Wali Kota Tanjungpinang hadiri rakor Gugus Tugas TPPO. (Foto: Diskominfo/Presmedia.id)
Wakil Wali Kota Tanjungpinang hadiri rakor Gugus Tugas TPPO. (Foto: Diskominfo/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Wakil Wali Kota (Wawako) Tanjungpinang, Endang Abdullah meminta gugus tugas pencegahan dan penghapusan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) Tanjungpinang untuk memperkuat upaya pencegahan terhadap perempuan dan anak.

Hal itu disampaikan Endang saat memberikan pengarahan pada rapat koordinasi gugus tugas pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan TPPO di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Walikota Tanjungpinang, Kamis (13/7/2023) pagi.

“Ini sebagai langkah antisipasi kita untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di kota Tanjungpinang,” tegas Endang.

Rapat diikuti 45 orang anggota gugus tugas diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala DP3APM, Wakapolres, Perwakilan Kodim, Wakil Ketua Pengadilan Negeri, perwakilan Kejaksaan Negeri.

Kemudian hadir Kepala BP2MI, perwakilan Kemenkumham, Perwakilan OPD, Camat dan Lurah, pimpinan pergurun tinggi, dan perwakilan lembaga kemasyarakatan.

Menurut Endang, pencegahan dapat dilakukan melalui upaya promotif, perlindungan spesifik maupun deteksi dan penanganan dini kasus-kasus kekerasan dan perdagangan orang.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan data yang akurat terhadap permasalahan dan upaya yang telah dilakukan oleh berbagai anggota gugus tugas supaya tidak terjadi duplikasi dan ketidakmerataan penanganan pencegahan.

“Penting tindakan kolektif dalam melindungi perempuan dan anak dari kekerasan. Keamanan dan kesejahteraan mereka adalah tanggung jawab bersama, yang memerlukan perhatian serius serta langkah konkrit,” tuturnya.

Menanggapi masukan dari perwakilan UMRAH, ia juga meminta para peneliti di perguruan tinggi agar mempublikasikan hasil penelitiannya, tidak hanya di perpustakaan dan jurnal, tetapi menyosialisasikan lebih lanjut sesuai sasaran yang tepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, Rustam menyatakan akan segera menindaklanjuti hasil rapat koordinasi tersebut.

“Selanjutnya  menyusun rencana aksi yang konkrit baik untuk jangka pendek, menengah, dan panjang bersama semua anggota gugus tugas,” pungkasnya.

Baca Juga :

Penulis: Presmedia
Editor  : Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.