Ultimate magazine theme for WordPress.
Kab Lingga

SMP Negeri 1 Lingga Deklarasikan Sekolahnya Jadi Sekolah Ramah Anak

SMP Negeri 1 Lingga Deklarasikan Sekolahnya Jadi Sekolah Ramah Anak.

PRESMEDIA.ID,Lingga-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lingga, mendeklarasikan sekolahnya menjadi Sekolah ramah anak. Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup yang mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya.

Atas deklarasi itu, ketua Ketua KPPAD Kabupaten Lingga Encik Afrizal mengucapkan selamat dan sukses kepada kepala sekolah beserta seluruh warga sekolah SMP Negeri 1 Lingga atas Komitmen SRA tersebut.

“Semoga menjadi dengan sekolah Ramah Anak ini,akan dapat mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, dan Nyaman,”ujar Encik Afrizal,Selasa,(18/2/2020).

Lingkungan yang sehat, terjamin hak-hak anak, terbebas dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah dan melibatkan serta mendukung partisipasi anak dalam kebijakan pembelajaran, pengawasan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak menjadi syarat dan mekanisme sebuah sekolah dapat dikatakan Ramah terhadap Anak.

Komponen sekolah ramah anak meliputi Kebijakan SRA Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih, hak-hak anak Pelaksanaan proses belajar yang ramah anak adanya penerapan disiplin tanpa kekerasan, Sarana dan prasarana yang ramah anak tidak membahayakan anak, dan mencegah anak agar tidak celaka, Partisipasi anak, Partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, Stakeholder lainnya, dan Alumni.

“Sekolah ramah akan membangun paradigm baru dalam mendidik dan mengajar peserta didik untuk menciptakan generasi baru tanpa kekerasan, menumbuhkan kepedulian orang dewasa serta memenuhi hak dan melindungi anak dari hal-hal yang tidak diinginkan,”sebutnya.

Penulis:Aulia

Comments
Loading...