Ultimate magazine theme for WordPress.

Bupati Bintan Revisi Target PAD-APBD Akibat Virus Corona

Turis domestik sedang joging di Pantai Lagoi Bay Bintan.
Turis domestik sedang joging di Pantai Lagoi Bay Bintan.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Bupati Bintan Apri Sujadi mengakui akibat Virus Corona kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Bintan sepi, akibatnya hal itu berpengaruh terhadap besara target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan di APBD 2020.

“Kalau perkembangan Virus Corona terus berlarut, bisa jadi kita akan lakukan revisi target PAD di APBD 2020. Sekarang kita lagi berupaya menghitung dari sisi sektor pariwisata,”ujar Apri,Kamis,(20/2/2020)

Sekedar diketahui, selama ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan setiap tahunya 60-70 persen bersumber dari sektor Pariwisata beruapa pajak restoran dan penginapan.

Pada tahun 2020 ini saja, Kabupaten Bintan menargetkan PAD di APBD-nya Rp303.035.228.417,Perhitungan ini didasari dari prediksi peningkatan pendapatan yang diperoleh Bintan dari tahun sebelumnya.

Namun seiring dengan terjadinya wabah Corona Virus, yang mengakibatkan kawasan wisata di Bintan sepi dan pengunjung yang datang minim, mengakibatkan sejumlah pelaku usaha pariwisata di Bintan mengeluh.

Namun demikian, Apri mengaku perobahan target PAD itu nantinya tidak begitu besar, karena Dia juga memgaku masih optimis, dampak Virus Corona ke sektor pariwisata bisa diantisipasi.

“Virus ini tersebar di awal tahun sedangkan kunjungan turis di awal tahun memang tidak sebanyak di bulan lainnya. Jadi kita masih punya waktu untuk mengejar ketertinggalan itu,” jelasnya.

Antisipasi agar PAD tidak turun begitu besar, kata Apri, diminta pelaku usaha pariwisata bersama-sama untuk menggelar acara agar turis domestik tertarik berkunjung dan menginap di sini. Bisa dengan iven lokal ataupun membuat paket khusus yang murah meriah tetapi tidak merugikan hotel itu sendiri.

“Kita minta jangan terlalu berharap dari turis asing saja tapi garap turis domestik agar ada peningkatan hunian. Sehingga usaha pariwisata bisa tetap beroperasi,”ucapnya.

Penulis: Hasura

Comments
Loading...