Ultimate magazine theme for WordPress.

Karhutla Tiga Hari, 32 Hektar Lahan PT.SBP Ludes Terbakar

Anggota Damkar Bintan saat berusaha memadamkan api yang membakar lahan PT.SBP di kecematan Sri Kuala Lobam-Bintan.

PRESMEDIA.ID,Bintan – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi dan semakin parah di Bintan. Dalam tiga hari seluas 32 hektar lahan PT.Surya Bangun Pratiwi (SBP) di Kecamatan Seri Kuala Lobam ludes terbakar.

Kasubag TU UPT Damkar Bintan Utara, Panyodi mengatakan, kebakaran yang menghanguskan puluhan hektar lahan PT.SBP itu terjadi dalam 3 hari berturut-turut hingga membuat petugas kewalahan.

“Apinya hidup terus selama 3 hari, sementara medan lokasi kebakaran juga sangat sulit, hingga membuat kita kewalahan,”ujarnya,Sabtu,(22/2/2020).

Awalnya jelas Panyodi, kebakaran terjadi pada 18 Februari yang menghanguskan lahan seluas 12 Ha dan kobaran api terus menyala hingga 19 Februari dan lahan yang terbakar semakin meluas.

“Keesokan harinya kebakaran masih terjadi yang menghanguskan lahan sekitar 10 hektar lagi, dan pada saat itu anggota Dampakar berjibaku untuk memadamkan api, dan baru sorenya api bisa pada total,”ujarnya.

Hingga dari kebakaran dalam 3 hari ini, luas lahan milik SBP yang terbakar lebih kurang 32 Ha. Panyodi juga mengakui, musibah kebakaran laham PT.SBP paling terparah karena membakar lahan yang sangat luas.

“Kemudian membutuhkan waktu sangat lama untuk memadamkannya meskipun tim damkar dibantu oleh pihak kepolisian dan perusahaan di sekitar lokasi kejadian,”ujarnya.

Kesulitan yang dihadapi tim damkar, lanjut Dia bukan hanya sekedar medan yang terjal, tetapi cuaca yang panas terik serta kencangnya angin hingga membuat api cepat menyebar kemana-mana.

“Banyak semak-semak kering sehingga mudah terbakar. Apalagi ada angin kencang semakin cepat menyebar kebakarannya,”katanya.

Penulis: Hasura

Comments
Loading...