Ultimate magazine theme for WordPress.

Rapat Percepatan Penyaluran Dana Desa di Kepri Diikuti Kepala daerah dan Ratusan Kades

Pemerintah Provinsi Kepri melaluai Ditjen Bina Pemdes Kemendagri dan Dinas PMD Kepri mengelar Rakor Percepatan Penyaluran Dana Desa yang dilaksanakan di Tanjungpinang.

PRESMEDIA,ID,Tanjungpinang- Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa dalam Menopang Ketahanan Sosial, Ekonomi dan Masyarakat Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian dalam Negeri di Kepri, diikuti Oleh Plt.Gubernur Kepri Isdianto, dan ratusan Kades serta Kepala Daerah kabupaten/kota serta Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepri di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa,(25/2/2020).

Kepala seksi (Kasi) Sistem Aset Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Suyadi sebagai penyelenggara mengatakan pemerintah Pusat pada 2020 menyalurkan Rp.72 Triliyun pada 74 Ribu Desa di seluruh Indonesia. Hal itu sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014, Tahun 2020 tentang dana Desa.

“Untuk Provinsi Kepri sendiri mendapat alokasi dana desa sebesar Rp.273 Miliyar,”ujarnya dalam Rapat

Dalam pelaksanaan dan pengelolaan dana, lanjut dia, Menteri dalam Negeri menginstruksikan, agar dilaksanakan dengan koordinasi, sistematis dan terstruktur serta bekelanjutan.

Melalui Rapat koordinasi kerja Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa ini, kata Suyadi diharapakan akan mengoptimalkan sinergitas Kementerian dan Lembaga (K/L) bersama Pemda dalam penyaluran dan percepatan pembangunan di Desa.

“Hasil yang diharapkan, dengan kegiatan ini baik Pemda maupun Pemdes dapat memahami kebijakan pengalokasian, prioritas dana, pengawasan serta komitmen partisiparif dan tertib hukum serta akuntabel,”ujarnya.

Dalam rapat kerja juga mengundang sejumlah narasumber yang setelah pembukaan akan melakukan diskusi pleno dengan materi: Permendes 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 oleh Direktur Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan Ditjen Pengembangan Kawasan Perdesaan Drs Mulyadin Malik.

PMK 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepri Teguh Dwi Nugroho. Penerapan SISKUEDES versi 2.0.2 dalam pengelolaan Dana Desa oleh Kepala BPKP Provinsi Kepri Ichsan Fuady; 4. Sistem Pengawasan Pemerintah dan Pemda Dalam Pengelolaan Dana Desa tahun 2020 oleh Auditor Muda Inspektorat Jenderal Kemendagri Fenny Ika Susanty.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...