Ultimate magazine theme for WordPress.

Pertajam Perencanaan Pembangunan, Bapelitbang Bintan Gelar Pertemuan Forum OPD

Bupati Bintan Apri Sujadi saat menghadiri Forum OPD Bintan.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, ketajaman pernecanaan program menjadi indikator kesuksesan dari program pembangunan pemerintah. Hal itu dikatan Bupati Apri saat membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan yang diselenggarakan Bapelitbang di Gedung Convention Bhadra Resort Batu 26, Kecamatan Toapaya, Rabu (26/2/2020).

Apri mengatakan, Forum OPD ini merupakan lanjutan dari rangkaian penyusunan rencana kerja sebelum pelaksanaan Musrembang Tingkat Kabupaten Bintan. “Juga wahana sebagai bentuk perwujudan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah,”ujar Apri.

Forum OPD ini juga dibentuk untuk mempertajam indikator serta target pencapaian program dan kegiatan setiap OPD. Jadi melalui forum ini setiap OPD dapat lebih fokus pada data dan ukuran pencapaian teknis yang dikembangkan.

OPD jika ditekankan harus mampu menyempurnakan dan mengakomodir rencana kerja atau program maupun kegiatan dari tingkat desa, kelurahan sampai kecamatan.

“Ingat, Forum OPD jadi indikator kesuksesan program pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bapelitbang Bintan, Mohd Setioso mengatakan bahwa program yang dilakukan OPD tidak untuk keuntungan seseorang atau kelompok. Tetapi harus memihak pada kepentingan masyarakat dengan sisi perencanaan yang berkualitas.

‘Forum OPD ini juga menjadi catatan penting yang menjadi salah satu indikator penting dalam kesuksesan program pemerintah. Namun asasnya dari kepentingan masyarakat,” katanya.

Melalui Forum OPD tersebut, diharapkan menjadi satu proses yang tercantum di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta merupakan penjabaran dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bintan.

“Program yang dijalankan meruapakan dari rangkuman aspirasi masyarakat yang akan disampaikan dalam musrembang tingkat kabupaten nantinya,” ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...