Tak Digaji, Ratusan Buruh PT Swakarya Indah Busana Mogok Kerja

0 77
Ratusan Buruh menggelar aksi unjuk rasa dan mogok kerja didepan PT Swakarya Indah Busana (Foto: Roland/Presmedia.id)
Ratusan Buruh menggelar aksi unjuk rasa dan mogok kerja didepan PT Swakarya Indah Busana (Foto: Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ratusan buruh menggelar aksi mogok kerja dan unjuk rasa di depan PT Swakarya Indah Busana, di Jalan Wonosari KM 7 Kota Tanjungpinang, pada Rabu (27/9/2023).

Para buruh, yang sebagian besar merupakan perempuan, menuntut pembayaran hak mereka yang tertunggak sejak Juli hingga Agustus 2023 di depan kantor perusahaan.

Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT Swakarya Indah Busana Tanjungpinang, Sumarti, menyatakan bahwa seluruh 280 buruh telah memutuskan untuk melakukan mogok kerja guna memperjuangkan hak mereka. Sumarti mengakui bahwa perusahaan telah mengalami keterlambatan pembayaran gaji selama dua bulan.

“Dari Juni hingga Agustus, gaji mereka sekitar Rp 6 hingga Rp 7 juta belum dibayarkan,” ujar Sumarti.

Tidak hanya itu, perusahaan juga belum membayarkan sisa Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp 2 juta per orang. “Hanya sebagian kecil THR senilai Rp 1 juta yang telah dibayarkan oleh perusahaan,” tambahnya.

Sumarti menjelaskan bahwa sebelumnya, perusahaan tidak ada rencana untuk memberikan hari libur kepada buruh pada hari ini. Namun, pada malam sebelumnya sekitar pukul 22.00 WIB, perusahaan tiba-tiba memberitahu bahwa hari ini adalah hari libur.

“Ini bukan pertama kali gaji terlambat, tapi kali ini yang paling banyak terlibat,” ungkapnya.

Menurut Sumarti, pihaknya telah menghubungi Disnaker Provinsi Kepulauan Riau untuk melaporkan masalah ini. Namun, hingga saat ini, perusahaan belum memberikan jawaban atau tanggapan apapun terkait keluhan mereka.

“Kami akan terus melakukan mogok kerja dan unjuk rasa sampai gaji kami dibayarkan,” tegasnya.

Aksi mogok kerja dan unjuk rasa ini masih berlangsung, dan sejumlah anggota Polresta Tanjungpinang tetap melakukan penjagaan di sekitar lokasi.

Penulis: Roland
Editor  : Redaktur

Leave A Reply

Your email address will not be published.