Ultimate magazine theme for WordPress.

Pantau Karhutla di Bintan Dengan Satelit, Awas Siapa Bakar Hutan Akan Dipidana

Satgas Karhutla Bintan Monitor Karhutla dengan Satelit, Awas Siapa Bakar Hutan dan Lahan Akan dipindana.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Satgas kebakaran Hutan dan Lahan Polres Bintan mengatakan, akan melakukan pemantauaan kebakaran hutan dan dalan di Kabuten Bintan, dengan menggunakan Satelit.

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanuddin juga menegaskan kepada masyarakat Kabupaten Bintan agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. jika ditemui melakukan pembakaran, pihaknya akan menindak dan memprises secara hukum dengan ancaman pidana.

“Ingat, siapa yang bakar hutan dan lahan untuk buka usaha kebun atau membangun apapun bisa dipidana. Jadi hindarilah semuanya itu kalau tidak mau berurusan hukum,”ujar Agus pada wartawan, Kais,(27/2/2020).

Mantan Kanit 4 Subdit 1 Dirkrimsus Polda Kepri ini menambahkan, selain melakukan sosialisasi, pihaknya terus memantau sejumlah lokasi dan kawasan yang berpotensi karhutla di Bintan.

Bahkan, pemantauan tidak lagi dengan sekedar berpatroli keliling saja, melainkan juga langsung melalui satelit. Apabila ada karhutla, satelit langsung mendeteksi dan akan muncul titik-titik merah di monitor LED yang berada di Mako Polres Bintan.

“Pemantauan ini dilakukan untuk penindakan cepat bila terjadi karhutla sehingga tidak meluas. Kemudian waktu pemantauannya juga realtime dan sesuai kondisi lapangan. Tim kita memantau selama 24 jam,”jelasnya.

Selain pemantuan melalui monitor LED, anggota Tim Satgas Karhutla, lanjutnya, juga dibekali aplikasi berbasis android yang bisa memantau titik api ketika terjadi kebakaran.

Melalui aplikasi itu, para anggota yang berada dimana pun akan segera mengetahui posisi karhutla. Sehingga bisa segera berkoordinasi dengan pihak lainnya untuk penanganan kebakaran tersebut.

“Di aplikasi itu, kita akan tahu kejadiannya dimana. Supaya cepat penanganannya,”ucapnya.

Penulis: Hasura

Comments
Loading...