Ultimate magazine theme for WordPress.

Dapat Kucuran DAK Rp.30 M, Disdik Bintan Gunakan Untuk Kebutuhan Belajar SD dan SMP

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir

PRESMEDIA.ID,Bintan- Pemerintah Kabupaten Bintan kembali mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan sebesa Rp.30 milliar dari Pemerintah Pusat. Alokasi anggaran DAK pusat itu, akan digunakan untuk pengadaan bantuan alat-alat pendidikan dan pembangunan sarana fisik SD dan SMP di Bintan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir mengatakan, alokasi dana DAK yang diperoleh kabupaten Bintan tahun ini mengalami peningkatan dua kali lipat, dari Rp.14 Milliar pada tahun lalu menjadu Rp 30 miliar tahun 2020 ini.

“Alokasi anggaran DAK ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar SD dan SMP di Bintan,”ujar Tamsir,Kamis (27/2/2020).

Dari Rp 30 miliar lebih itu, kata Tamsir, untuk SD dikucurkan sebesar Rp 21 miliar lebih sedangkan SMP dialokasikan Rp 9 miliar lebih.

Sedangkan pengadaan dan pekerjaan fisik yang dilaksanakan melalui DAK tersebut antara lain digunakan untuk rehabilitasi ruang kelas dan ruang guru SD dan SMP, membangun laboratorium SMP, bantuan alat pembelajaran SD dan SMP serta alat Laboraturium IPA.

“Ada juga pengadaan bantuan komputer TIK, bantuan KIT Pembelaran IPS, sarana olahraga dan buku perpustakaan. Kucuran dana itu lebih besar untuk SD dan SMP. Karena kebutuhan fasilitas untuk SD juga lebih besar,”jelasnya.

Namun untuk Pengadaan proyek fisik, diakui Tamsir, hingga saat ini belum dapat dilakukan sebab belum dilakukan pelelangan. Sebab, sampai saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Target kita DAK itu dapat digunakan kalau tidak Mei paling lambat Juni mendatang,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...