Ultimate magazine theme for WordPress.
Bhayangkara 74

Terbukti Korupsi, Edy Sofyan dan Budy Hartono Akan Dipecat Dari ASN

Pemprov Kepri Tunggu Putusan Inkrah Ke Dua Terpidana

Terbuti Korupsi dan menerima suap, Mantan Kepala dinas DKP Kepri Edi Sofyan Divonis 4 Tahun Penjara.(Photo;Internet)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah Provinsi Kepulauan menyatakan akan memecat mantan kepala dinas Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan dan anak buahnya Budy Hartono karena terbukti Korupsi.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, Proses pemecatan Edy Sofyan dan Budy Hartono dilakukan sesuai dengan UU setelah putusan Inkrah atau tetap keduanya dikeluarkan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

“Kita tetap menunggu salinan putusan lengkapanya, Kalau sudah dinyatakan bersalah dan berkekuatan hukum tetap, maka sesuai dengan UU akan kita proses,”ujarnya pada Wartawan di Kantor Gubernur Kepri, Jumat,(28/2/2020) Kemarin.

Jika dalam waktu dekat salinan tersebut sampai ke Pemprov Kepri, lanjut Isdianto, maka secara langsung dan sesesuai dengan peraturan perundang-undangan, ke dua oknum pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri akan diberi sanksi pemecatan secara tidak hormat sebagai mana amanah UU.

“Sesuai dengan amanah undang-undang, maka harus ditindak tegas dipecat!,”tegas Isdianto.

Isdianto juga mengatakan, kejadiaan ini hendaknya, juga menjadi warning dan pelajaran bagi seluruh ASN di Pemprov Kepri, dan sebagai abdi negara agar menjalankan tugas dan mengemban amanah dengan baik dan profesional, dan mengerjakan tugas sebagai ASN sesuai dengan aturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

“Saya sering berpesan kepada seluruh pegawai agar bekerjalah dengan baik dan jujur,”pesannya.

Sebagaimana diketahui, Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menghukum mantan Kepala DKP Kepri, Edy Sofyan dan bawahannya Budi Hartono selaku kepala bidang perikanan tangkap DKP Kepri dengan hukuman 4 tahun penjara denda Rp 200 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Majelis hakim yang di ketuai Iim Nurohim menyatakan, Edy Sofyan dan Budy Hartono terbukti bersalah melakukan korupsi dan menerima suap dalam pengurusan Izin pemanfaataan ruang laut yang dimohonkan Kock Meng, sebagaimana dakwaan pertama JPU melanggar pasal 12 ayat (1) huruf a UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...