Tingkat Pariwisata Kepri, Isdianto Ajak Warga Kembangkan Potensi Wisata Lokal

Lomba Jong atau sampan kecil, menjadi salah satu Sport Tourism yang diselenggarakan bwarga Sembulang Batam dalam mengembangkan wisata lokal di Kepri.

PRESMEDIA.ID,Batam- Plt Gubernur H Isdianto mengajak semua komponen masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata tiap daerahnya. Perewisata sebagai sektor andalan Kepri, destinasi wisatanya harus terus ditingkatkan hingg akunjungan Wisman ke Kepri terus meningkat tiap tahun dan berpotensi meningkatkan ekonomi daerah.

“Destinasi baru terus dimunculkan. Untuk daya tarik harus dikelola lebih kreatif sehingga minat wisatawan datang semakin tinggi,” kata Isdianto saat Pencanangan Kampung Wisata Sembulang, Sembulang Batam, Ahad (1/3).

Pencanangan itu disejalankan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya Sembulang Ride yang diikuti ratusan pesepeda dari berbagai daerah di Kepri. Selain itu ada juga iven sepak bola U-12 dan Gerak Jalan Ibu-ibu serta Lomba Jong yang diikuti 300 peserta.

Lomba Jong ini, kata Isdianto harus terus diselenggarakan. Juga dilestarikan karena merupakan permainan tradisional masyarakat Kepri.

“Permainan ini menjadi lestari, wisatawan pun tertarik untuk menikmati,” kata Isdianto.

Isdianto, yang hadir bersama Ketua TP PKK Kepri Hj Rosmeri Isdianto berpesan agar iven di Sembulang ini terus diselenggarakan. Alam di Kepri, termasuk Sembulang, adalah anugerah yang penuh pesona untuk daerah ini. Tinggal bagaimana menjadikannya sebagai daya tarik yang luar biasa untuk dikunjungi wisatawan.

Tahun 2019, kata pariwisata Kepri mengalami kemajuan yang menggembirakan. Selain mengalami peningkatan daei tahun 2018, tahun ini juga pariwisata Kepri menjadi yang terbesar kedua setelah Bali sebagai pintu masuk ke Indonesia.

“Ini semua berkat peran serta semua pihak. Juga dukungan dan kebersamaan masyarakat Kepri,” kata Isdianto.

Isdianto pun berharap kampung wisata terus bermunculan di berbagai daerah di Kepri. Dengan demikian, potensi lokal bisa terus dikembangkan di daerah tersebut. Menurut Isdianto, jika pariwisata daerah terus meningkat, ekonomi masyarakat setempat pun terus bergerak naik.

Pada kesempatan tersebut, Rosmeri Isdianto juga melepas peserta gerak jalan yang diikuti ibu-ibu. Rosmeri mencoba membatik di lokasi acara.Termasuk mendiskusikan tentang oleh-oleh yang ada dari Sembulang.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...