Satu Orang Meninggal Dunia, KPU Kepri Tetapkan 602 DCT Pileg DPRD Kepri Pemilu 2024

0 92
Tahapan Pencalonan Caleg 18 Parpol di Kepri Pemilu 2024. (Foto: KPU)
Tahapan Pencalonan Caleg 18 Parpol di Kepri Pemilu 2024. (Foto: KPU)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, menetapkan 602 Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota legislatif (Caleg) yang akan mengikuti pemilihan legislatif DPRD provinsi Kepri pada Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kepri Divisi Teknis Pemilu, Ferry Manalu, mengatakan penetapan Daftar Calon Tetap pemilihan legislatif provinsi Kepri ini dilakukan melalui Pleno KPU tentang penetapan DCT Pemilu 2024.

“Jadi dari 603 Daftar Calon Sementara (DCS) Bacaleg yang didaftarkan 18 Parpol, satu orang kami coret dari partai Hanura, karena meninggal dunia dan calon penggantinya tidak diajukan partai politik bersangkutan, sehingga jumlah DCT caleg Kepri ada sebanyak 602 orang” ujar Ferry pada PRESMEDIA.ID, Jumat (03/11/2023).

Dari 602 DCT Caleg parpol yang akan memperebutkan 45 kursi DPRD di 7 Dapil Kepri, pada Pileg 2024 ini lanjut Ferry, 364 orang merupakan caleg laki-laki, dan 238 orang caleg perempuan.

“Dari jumlah Caleg Kepri ini, jika dipersentase maka 39,5 persen merupakan perempuan dan sisanya laki-laki,” ujar Ferry.

Ferry juga mengatakan, dari 602 daftar calon tetap calon legislatif 18 Parpol di Kepri itu, terdapat 10 Partai Politik yang melakukan pergantian dan pemindahan Dapil bacalegnya selama jadwal masa pencermatan yang dilakukan KPU.

“Untuk pergantian caleg (Orang-nya diganti parpol-red) ada 10. Selain itu ada juga sejumlah Parpol yang melakukan pergantian Dapil Caleg-nya, contohnya dari Dapil I Kepri menjadi Caleg di Dapil 3 Kepri dan hal itu diperbolehkan. Sisanya ada yang gelarnya ditambah dan ada juga yang gelar nya dicoret, sesuai dengan permintaan Parpol” ujarnya.

Disinggung, apakah dari 602 orang Caleg yang ditetapkan KPU dalam DCT Pemilu itu, ada yang tersandung kasus korupsi dan belum 5 tahun keluar setelah menjalani hukuman, KPU menyatakan, berdasarkan verifikasi dan pencermatan yang dilakukan, seluruhnya caleg yang ditetapkan dalam DCT itu clear dan tidak ada yang tersandung dengan kasus korupsi berdasarkan putusan MA.

“Itu semua sudah clear dari verifikasi yang dilakukan sesuai jadwal dan seluruhnya sudah memenuhi syarat,” sebut Ferry.

Selanjutnya, kata Ferry dengan ditetapkanya DCT caleg DPRD Kepri, ini selanjutnya KPU akan melanjutkan tahap dengan pelaksanaan kampanye, serta pengadaan logistik pemilu melalui pencetakan kertas suara sesuai dengan jumlah Caleg dan Parpol yang mengikuti pemilihan legislatif di Pemilu 2024 mendatang.

Penulis: Presmedia
Editor  : Redaksi

Leave A Reply

Your email address will not be published.