Kunjungan Wisman Anjlok Akibat Corona,Legislator Minta Pemprov Gencar Promosi Wisata

DPRD Kepri Minta Pemprov Lebih Kreatif Tarik Wisman ke Kepri

Ketua Komisi II DPRD Kepri, Ing Iskandarsyah

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Ing Iskandarsyah meminta pemerintah daerah harus lebih kreatif memanfaatkan kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah pusat untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kepri.

Terlebih, lanjut dia, saat tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sedang anjlok akibat dampak virus corona belakangan ini.

“Seharusnya kita harus lebih kreatif lagi, jangan hanya menerima saja penurunan wisman ini,”kata Ing Iskandar, Senin (9/3/2020).

Kebijakan pemerintah pusat yang memberikan potongan harga tiket pesawat hingga 50 persen pada destinasi pariwisawat tertentu selama 3 bulan, lanjutnya, bisa dimanfaatkan Provinsi Kepri untuk lebih menarik wisatawan nasional berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Provinsi Kepri.

Maka dari itu, sebaiknya pemerintah daerah bisa lebih gencar melakukan promosi wisata kepada wisatawan nusantara (wisnus) atau domestik. Jika, pada kondisi ini wisman enggan datang, maka promosi bisa ditargetkan ke wisnus tersebut.

“Kita tahu wisman menurun. Tapi, kita bisa gencarkan promosi ke wisnus dengan promo tiket 50 persen,” katanya.

Selain itu, lanjut Wakil Ketua PKS Kepri ini, hotel-hotel yang biasanya hanya bisa dikunjungi wisman karena biaya menginap yang relatif mahal. Dapat memberikan promosi besar-besaran, hingga terjangkau bagi wisnus.

Sehingga, ada daya tarik bagi wisatawan lokal untuk melakukan kunjungan wisata ke wilayah Kepri.

“Yaa, kalau hotel yang biasanya sangat mahal memberikan promo besar, maka bukan tidak mungkin wisatawan lokal yang selama ini hanya bisa gigit jari tertarik liburan kesana,”ungkap Iskandarsyah.

Ia menambahkan, meski dampak wabah corona ini sangat menganggu perekomian dan tingkat kunjungan wisman. Namun, sebaiknya pemerintah daerah tidak hanya berserah diri menerima kondisi tersebut.

Masih ada jalan serta langkah yang bisa dilakukan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Walaupun tidak signifikan, paling tidak tingkat kunjungan wisatawan tidak terlalu anjlok sehingga berpengaruh pada kondisi perekonomian.

Sebelumnya, wabah virus corona sangat memengaruhi tingkat kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepri pada Januari 2020 sebanyak 220.696 kunjungan. Jumlah tersebut mengalami penurunan hingga 20,30 persen dibandingkan Desember 2019.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...