Polres Bintan

Sama-Sama Miliki Narkoba, Tiga Terdakwa Dituntut Jaksa Berbeda 

Komplotan Pemilik dan pengguna Narkoba jenis sabu, Sam-Sama Miliki Narkoba, Tiga Terdakwa Dituntut Jaksa Berbeda dan Burmansyah alias Maman.,

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sama-sama miliki dan konsumsi Narkoba sabu. Tiga terdakwa Narkoba dituntut Jaksa dengan hukuman berbeda di PN Tanjungpinang, Kamis(19/3/2020).

Tiga terdakwa narkoba yang dituntut berbeda itu adalah, terdakwa Sony Alias Jagung dan Rian Pala dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan. Sedangkan Terdakwa Burmansyah alias Maman dituntut ringan hanya 2 tahun penjara.

Dalam tuntutanya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Bob Sulistian yang saat itu digantikan oleh Destia, mengatakan, terdakwa Sony dan Riian terbukti bersalah melakukan percobaan atau permufakatan jahat tanpa hak memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman jenis sabu, sebagaimana dimaksud pasal 112 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menuntut terdakwa Sony dan Rian masing-masing dengan tuntutan 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan kurungan,”ujar jaksa.

Sementara, pada sidangan terpisah, terdakwa Burmansyah alias Maman, yang juga dinyatakan terbukti beralah tanpa hak atau melawan hukum memiliki dan menyalahgunakan narkotika golongan I jenis sabu seberat 0,27 gram  dituntut hanya 2 tahun penjara tanpa denda, sebagai mana dakwaan Pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menuntut terdakwa Maman dengan tuntutan 2 tahun penjara,”kata Destia.

Atas tuntutan itu, ketiga terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya menyatakan akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

Ketua Majelis Hakim, Sumedi didampingi Majelis Hakim Anggota, Guntur Kurniawan dan dan Ronal menunda persidangan selama satu pekan.

Dalam dakwaanya, JPU juga mengatakan, tiga terdakwa pemilik dan pengguna narkoba itu ditangkap Satnarkoba Polres Tanjungpinang, saat terdakwa Sonny membeli narkotika jenis sabu sebanyak 1 paket dari terdakwa Rian Pala.

Kemudian malam harinya, terdakwa Sonny membawa 1 bungkus kotak rokok U-Mild berisi 1 paket sabu 4,18 gram yang diperoleh dari terdakwa Pala itu ke dalam rumah terdakwa Burmansyah di jalan Anggrek nomor 53 RT 007 RW 006 Kelurahan Bukit Cermin Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, pada Jumat(27/9/2019) lalu.

Dirumah itu, kemudia terdakwa Sonny membagi-bagikam sabu itu kedalam 3 paket, dengan rincian, 2 paket disimpan terdakwa Sony dibawah kursi didalam kamar lantai 1 rumah Burmansyah, sedangkan 1 paket kecil seberat 0,27 gram diberikan Sonny kepada terdakwa Burmansyah yang kemudian diletakkan sendiri di meja kerja lantai 2 rumah terdakwa. Ke tiganya ditangkaap dan digrebek Polisi, pada saat menggunakan dan memiliki Narkoba.

Penulis:Roland

Comments
Loading...