Akibat Corona, Tahapan Pilkada 2020 di Kepri Ditunda

Komisioner KPU Kepri Arison.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Akibat wabah corona, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda sejumlah tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Penundaan tahapan Pilkada itu diputuskan KPU melalui Surat Keputusan (SK) KPU nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/111/2020 pada 21 Maret 2020.

Komisioner KPU provinsi KepriArison mengatakan, penundaan tahapan pilkada ini, merupakan bentuk kepedulian dan dukungan KPU terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran wabah covid-19.

“Keputusan KPU-RI ini diawali dengan kebijakan penerapan work from home (WFH) kepada seluruh anggota KPU di Indonesia,”ujarnya, Minggu (22/3/2020).

Dengan adanya keputusan ini, ada empat tahapan pilkada yang ditunda pelaksanaanya, yaitu, pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan kelurahan, pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), pelaksanaan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan dan pemutahiran data pemilih.

“Sampai saat ini belum dipastikan sampai kapan penundaan ini diberlakukan,”katanya.

Dengan penundaan tahapan itu, lanjut Arison, maka bisa dipastikan pelaksanaan pilkada juga akan diundur. Karena, penundaan masa kerja PPS akan berpengaruh pada terhambatnya kerja PPDP dan penentuan jumlah pemilihan, serta pencetakan surat suara.

Sedangkan PPDP masih kata Arison, juga yang bertugas melakukan verifikasi faktual calon perseorangan terutama di Anambas dan Batam.

“Urutan kerjanya seperti itu. Maka bisa dipastikan akan berpengaruh pada penundaan pelaksanaan Pilkada,” ucap Arison.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...