DPRD Lingga

Pemkab Lingga Siapkan Beasiswa Bagi Anak Lingga Yang Mau Kuliah Kedokteran

Kepala bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Lingga drg.Siti Nafiah
Kepala bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Lingga drg.Siti Nafiah

PRESMEIDA.ID,Lingga- Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menyediakan beasiswa kedokteran bagi tiga orang pelajar SMA asal Lingga yang ingin dan mau kuliah di fakultas kedokteran Universitas Batam (Uniba) pada 2020 ini.

Beasiswa bagi mahasiswa Kedokteran itu diberikan atas kerja sama Pemerintah kabupaten Lingga dengan Fakultas Uniba Batam, dalam menyaring pelajar siswa dan siswi sekolah SMA yang lulus tahun ini.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Lingga, Siti Nafiah mengatakan, kerja sama MoU itu, telah dilakukan Pemerintah Lingga dengan
Fakultas Kedokteran Universitas Batam itu sebelumnya.

“Jadi kita (Dinkes) MOU dengan Fakultas kedokteran Uniba Batam untuk membiayai (bea siswa) kepada tiga orang calon dokter pada tahun ini,”kata drg.Siti Nafiah di kantornya, Senin (23/03/2020).

Ketiga orang calon dokter itu, nantinya di ambil dari pelajar SMA jurusan IPA di Kabupaten Lingga yang lulus pada tahun pelajaran 2019/2020 tahun ini

“Kita sudah lakukan sosialisasi ke seluruh sekolah SMA di Kabupaten Lingga dan juga ke Dinas Pendidikan. Kita harapkan kesempatan ini bisa di ambil oleh pelajar Lingga yang lulus pada tahun ini. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan,”harapnya.

Berita Terkait

Teknisnya, bagi pelajar yang lulus tahun ini jurusan IPA, mereka dapat mengikuti tes Kedokteran di UNIBA Batam. Nanti dari sekian banyak pelajar yang ikut akan di ambil yang lulus berdasarkan peringkat.

“Jadi yang di ambil dan yang mendapatkan beasiswa adalah yang peringkat pertama sampai tiga, jadi tiga orang saja,”jelasnya lagi.

Perincian biaya persemester yang di tanggung Pemkab Lingga melalui Dinas Kesehatan selama mahasiswa belajar meliputi. sumbangan wajib sebesar 300 juta, SPP mahasiswa 24 juta.biaya praktikum 500 ribu, pendaftaran 200 ribu, biaya Ospek 600 ribu, KTM 100 ribu, DKM dan Pustaka 250 ribu, deposit asrama 1 juta dan biaya asrama 4,5 juta.

“Total anggaran persemester untuk satu orang 331, 150.000. Untuk tiga orang yang mendapatkan bea siswa dari Dinas Kesehatan sudah menyediakan anggaran sebesar 1 milyar ,” jelasnya lagi.

Sekali lagi Dokter gigi yang membidangi
Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga ini
berpesan, kepada pelajar Kabupaten Lingga jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini.

Adapun syarat-untuk mendapatkan bea siswa tersebut sebagai adalah:
1) Peserta dari kabupaten Lingga lulusan SLTA. tahun ajaran 2019/2020.
2) Foto copy ijazah SMA. jurusan IPA yang sudah dilegalisir atau surat keterangan lulus sementara (asli)
3) Pas photo terbaru berlatar merah 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar
4) Sarat keterangan sehat dan sarat keterangan tidak buta warna dari rumah sakit, puskesmas atau dari praktek Dokter yang punya izin praktek .

Ada pun siswa-siswi yang lulus seleksi dan 3 peringkat terbaik akan mendapatkan bantuan Beasiswa berupa:
-biaya kuliah dan semester 1 s/d semester VII.
-biaya asrama semester 1 dan semester 11
-biaya pemondokan untuk tahun ke dua s/d tahun kelima
-biaya profesi dokter (coas) selama 2 tahun.

Penulis:Aulia

Comments
Loading...