UN Ditiadakan, Disdik Bintan Siap Laksanakan US Dengan Aplikasi SAMPAN

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir

PRESMEDIA.ID,Bintan- Ujian Nasional (UN) 2020 resmi ditiadakan dan diganti dengan Ujian Sekolah US). Dinas Pendidikan Bintan menyatakan siap melaksanakan US tersebut melalui Sistem Aplikasi Manajemen Pendidikan (SAMPAN).

Kepala dinas pendidikan Bintan, Tamsir mengatakan informasi yang didapatinya Kemendikbud RI dan Komisi X DPR RI telah menyepakati untuk meniadakan UN dari SD, SMP dan SMA. Hal itu dilakukan demi mencegah berkembangnya wabah Virus Corona (Covid-19).

“Infonya kami sudah dengar tapi surat resmi dari Mendikbud belum ada kita terima. Biasanya kalau sudah ada ketetapannya ada surat yang di sampaikan ke seluruh dinas-dinas di seluruh daerah,”ujar Tamsir, Selasa (24/3/2020).

Jika UN dihapus lanjut Tamsir, maka rencananya akan diganti dengan Ujian Sekolah (US) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan masing-masing daerah. Dengan sistim US ini, lanjut Dia, Dinas pendidikan Bintan sudah siap melaksanakanya dengan sistem daring (online) di tengah wabah corona virus.

“Pada prinsipnya,kami siap melaksanakan kebijakan dari Kemendikbud RI. Dan saat ini Pendidikan Bintan juga sudah meluncurkan Sistem Aplikasi Manajemen Pendidikan (SAMPAN). Beberapa sekolah, juga sudah menerapkan pembelajaran dan ujian berbasis online dengan menggunakan Apilkasi SAMPAN ini,”jelasnya.

Untuk di Bintan sebanyak 97 SD yang siap menggelar ujian sekolah. Diantaranya ada 90 SD Negeri dan 7 SD Swasta. Sedangkan SMP sebanyak 32 sekolah yang terdiri dari 28 SMP Negeri dan 4 SMP Swasta.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...