DPRD Lingga

Pemkab Lingga “Sulap” Museum Timah Singkep Jadi Ruang Isolasi Covid-19

Museum Timah Singkep Jadi Ruang Isolasi sementara Covid-19 di Lingga.

PRESMEDIA.ID,Lingga- Pemerintah Kabupaten Lingga “menyulap” Museum Timah Singkep menjadi ruang isolasi darurat pasien covid-19 di Lingga.

Renovasi ruang isolasi covid-19 itu, mulai dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Lingga,Rabu,(25/3/2020).

Kepala Dinas PUPR Lingga Novrizal mengatakan, pengerjaan renovasi salah satu bangunan di Pagoda Dabosingkep itu mulai dikerjakan hari ini, dalam mengantisipasi pasien terpapar covid di Lingga.

“Hari ini kita mulai kerjakan, nanti mereka akan bekerja lembur, jadi maksimal empat hari ini harus sudah selesai,”katanya pada wartawan Rabu (25/3/2020).

Sementara itu Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, penempatan ruang isolasi sementara tersebut sudah dilakukan kajian oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinas Kesehatan dan beberapa pihak terkait.

Penunjukan Museum Timah Singkep, di karenakan lokasinya dianggap sangat nyaman bagi pasien dan jauh dari pemukiman warga.

Selain menyiapkan ruang isolasi, Alias Wello juga mengatakan, telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan beberapa hal dalam pencegahan dan antisipasi masuknya wabah Cvid-19 ke Kabupaten Lingga. Salah satunya adalah, dengan menghentikan seluruh operasional kapal penumpang dari daerah ke cuali kapal barang ke semua pelabuhan di Kabupaten Lingga.

“Yang boleh masuk saat ini hanya kapal barang dan untuk penumpang kita hentikan mulai tanggal 28 April 2020 ini,”sebutnya.

Selain itu lanjut dia, pemerintah juga bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk menertibkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan keramaian, atau perkumpulan orang banyak di setiap wilayah di Kabupaten Lingga.

“Kita juga perintahkan untuk memasang spanduk-spanduk tentang bahaya COVID-19 ke semua pelosok desa,” sebutnya.

Penulis: Aulia

Comments
Loading...