Hasil Uji Cepat Rapid Test, 6 Warga Tanjungpinang dan 2 Warga Batam Terindikasi Positif Corona

Kepala dinas Kesehatan Prov.Kepri Tjejep Yudiana.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Gugus tugas percepatan penanganan Corona virus (Covid-19) bidang kesehatan Provinsi Kepri mengatakan, dari hasil uji cepat Rapid test terhadap 16 ODP dan PDP di Kepri sebanyak 6 orang warga Tanjungpinang dan 2 warga Batam terindikasi positif Corona virus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjejep Yudiana mengatakan, jumlah itu diambil dari 16 spaismen atau Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sebelumnya memiliki riwayat kontak dan berasal dari daerah endemik seperti Malaysia.

“Dari 16 orang yang diperiksa melalui Ravid Test, 11 orang negatif, dan 6 orang Positif di Tanjungpinang dan di Batam 2 orang,”ujar Tjejep berdasarkan data yang diterima PRESMEDIA.ID, Minggu (29/3/2020).

Seluruh hasil Rapid test lanjut Tjejep, akan kembali diperiksa melalui pengambilan swab liur tengorokan dan darah untuk dilakukan pemeriksaan PCR dalam memastikan.

“Pelaksanaan Rapid test ini manfaatnya sangat besar, karena kita akan mampu secara cepat melakukan langkah-langkah penanggulangan dalam memutus mata rantai penularan,”ujarnya.

Akurasi uji cepat pasien terinfeksi corona dengan Rapid Test sebut Tjejep, tingkat sencitifitasnya hampir mencapai 90 persen, dalam memastikan seseorang positif atau tidak corona virus.

Dengan indikasi positif corona melalui uji Rapid Tes ini, menambah jumlah positif corona di Kepri yang sebelumhya terkonfrimasi 5 orang. Dari 5 orang tersebut, satu orang meinggal, sementaa 4 orang lainya di Batam, Tanjungpinang dan Karimun hingga saat ini maish terus dilakukan perawatan.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...