Lahan Gambut di Desa Bintan Buyu Terbakar Selama 2 Hari

Pemadan Kebarakan Saat melakukan Pemadaman pada Lahan Gambut di Bintan yang terbakar selama 2 hari.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Bintan. Kali ini hutan dan lahan di Kampung Kebun Sari RT 08/ RW04, Batu 49, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Gunung Kijang yang terbakar.

Kepala UPT Damkar Toapaya, Nurwendi mengatakan kebakara hutan dan lahan itu terjadi dari pada Sabtu (28/3/2020) sampai dengan Minggu (29/3/2020). Area yang terbakar merupakan lahan gambut seluas ratusan hektare.

“Dari semalam kebakarannya jam 11.00 gitu lah. Awalnya dari pinggiran Jalan Uban lama sekarang sudah sampai ke perkampungan,”ujar Nurwendi, Minggu (29/3/2020).

Dari semalam, kata Nurwendi, pihaknya bersama Tim Satgas Karhutla Bintan melakukan pemadaman. Akhirnya malam harinya api berhasil dipadamkan dengan menelan air bersih sebanyak puluhan ton.

Berita Terkait

Namun siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB, api yang membakar lahan gambut itu tiba-tiba kembali menyala akibat tiupan angin kencang dan cuaca yang panas terik.

“Lahan gambut itu tadi terbakar lagi. Sampai sekarang kita masih melakukan pemadaman,”katanya.

Hingga saat ini dia belum mengetahui penyebab lahan gambut tersebut itu bisa terbakar selama 2 hari. Sebab dia lagi fokus melakukan pemadaman agar api tidak menjalar sampai ke permukiman warga.

“Kita harus pastikan lagi tidak ada titik api karena jika masih meninggalkan bara di lahan gambut ini bisa kembali menyala jika tertiup angin,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...