Ultimate magazine theme for WordPress.

Percepat Penanganan Covid-19, Isdianto Rapat Bersama Bupati dan Wali Kota

Plt.Gubernur Kepri Isdianto bersama Sekda saat melakukan Rapat Korodinasi dengan 7 Bupati terkait percepatan penanganan Covid-19 di Kepri.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Plt Gubernur Kepri H Isdianto memimpin Rapat melalui Video Conference bersama Bupati dan Wali kota se-Provinsi Kepri terkait Percepatan Penanganan Covid-19 di Rupatama Lt.4, kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Ahad (5/4/2020).

Mengawali arahannya, Isdianto meminta Bupati dan Wali kota se-Kepri untuk terus bersinergi dengan semua pihak di daerah, dalam mempercepat penangani Covid-19 di Daerah. “Selain tentunya kita bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tidak menyalahi aturan juga dapat terfokus kepada penanganan pandemi corona ini,”kata Isdianto.

Apalagi, setelah turunnya surat edaran Menteri, agar Ketua Gugus Tugas yang harus di Ketuai Kepala Daerah, Isdianto menyatakan, sebelumnya telah melakukan rapat bersama Forkopimda selaku Tim Pengarah untuk meminta masukan dan arahan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kepri.

Rapat melalui Video Confrence Plt.Gubernur Kepri memberi arahan pada 7 Bupati dan wali kota di Kepri dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Pemerintah juga telah mengeluarkan sejumlah aturan dan edaran, Pemerintah pun telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial berskala besar,”lanjutnya.

Untuk itu Isdianto meminta Bupati dan Wali kota di Kepriuntuk memastikan tiap RS rujukan tersedia tenaga medis dan alat kesehatan yang cukup, terus melakukan sosialisasi dan himbau kepada masyarakat, agar tetap dirumah. Mengefektifkan penerapan social dan phisycal distancing lebih tegas, disiplin dan efektif, dengan mengaktifkan seluruh perangkat daerah mulai dari forum RT dan RW.

Terkait antisipasi kepulangan TKI, Isdianto juga menekankan pada Bupati dan wali kota agar menangani dan memfasilitasinya, dengan bersinergi dengan Forkopimda dalam melakukan pemulangan WNI yang dideportasi Malaysia itu ke daerahnya.

Kemudian mengaktifkan posko gugus tugas, sehingga masyarakat terlayani dan lebih mudah mendapatkan info terkini; Meningkatkan Fasilitas Kesehatan; Menyiapkan tempat alternatif seperti rumah singgah, hotel dan tempat layak untuk karantina PDP; Terkait arus mudik agar masyarakat di himbau tidak mudik dulu; Sesuai instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2020 agar bupati dan wali kota lakukan percepatan refocusing anggaran untuk penanganan kesehatan.

Rapat melalui Video Confrence, Plt.Gubrnur Kepri selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kepri mendengar Laooran dari masing-masing Bupati dan wali kota di Kepri.

Terkait anggaran itu, Isdianto mengatakan bshws Forkopimda berpessn agar dalam penggunaan dana yang dialokasikan tersebut jangan ada yang bermain. “Kita sepakat agar melakukan pendampingan bersama pihak Kejaksaan demi mencegah hal yang tidak diinginkan itu terjadi, pesan kami kepada Bupati dan Wali kota agar serius menangani ini semua,” tambah Isdianto.

Selain itu, Isdianto juga meminta agar bupati dan wali kota dapat memanfaatkan perangkat RT setempat untuk mendata masyarakat yang tidak mampu, karna Pemprov berencana akan membagikan sembako 5 hari sebelum bulan ramadan.

Terakhir, kepada Daerah yang masih dalam kondisi Nihil Covid-19, Isdianto berpesan untuk terus dijaga kondisi tersebut dengan cara-cara penanganan yang telah di instruksikan. “Kita akan segera buatkan SOP untuk kemudian disebar kemasing-masing kabupaten dan kota sehingga terjalin keterikatan serta hubungan yang positif dan aktif dalam penanganan penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya.

Dalam rapat tersebut, masing-masing Bupati dan Wali kota menjabarkan kondisi terakhir di daerahnya baik jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan kasus Positif maupun Negatif.

Plt.Gubernur Kepri Takankan 10 Point yang harus dilakukan Bupati dan wali kota di dalam sinergi percepatan peanganan covid-19 di Kepri.

Semua Daerah pun telah bergerak cepat, dengan membentuk Tim Gugus Tugas, melakukan pencegahan dengan penyemprotan Disinfektan dan pemberian masker. Menyerukan himbauan-himbauan kepada masyarakst serta kesiapan Tenaga Medis dan RS rujukan telah disiapkan serta terus dikembangkan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Semua Bupati dan Wali kota se-Kepri sepakat untuk terus memantau perkembangan dilapangan dan seluruh petugas menyatakan kesiapannya dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19) ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Asisten II Syamsul Bahrum, beserta sejumlah Kepala OPD. Kemudian hadir Wali kota dan Wakil Wali kota Batam Muhammad Rudi dan Amsakar Ahmad, Wakil Wali kota Tanjungpinang Rahma, Bupati Bintan Apri Sujadi, Bupati Natuna Abdul Hamid, Bupati dan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dan Wan Zuhendra serta Sekdakab Lingga Juramadi Esram dan Asisten I Pemkab Lingga Rusli.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...