Kode Etik dan Perlindungan Jurnalis 

Jurnalis dan tim redaksi Presmedia.id yang tergabung dalam organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Organisasi Wartawan lainya, memiliki kode etik sebagai mana yang diamanatkan UU Nomor 40 tahun 1999 dan Dewan Pers Indonesia. Kode etik Jurnalistik sangat penting guna menjunjung profesionalisme Jurnalis.

Oleh Karena itu Presmedia.id membuat kode etik Jurnalisnya mengacu pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI) yang telah disepakati oleh 29 organisasi jurnalis pada 24 Maret 2006.

Tentang Pemberian dan Narasumber

  1. Jurnalis Presmedia.id, tidak dibenarkan menerima sogokan atau amplop dari siapapun agar tidak meliput dan memberitakan infromasi untuk kepentingan publik.
  2. Jurnalis presmedia.id tidak dibenarkan menerima barang atau sesuatu hal dari narasumber dan pihak lain yang dapat mempengaruhi independensinya.
  3. Jurnalis Presmedia.id tidak dibenarkan memanfaatkan posisinya sebagai Jurnalis untuk keuntungan pribadi.
  4. Jurnalis Presmedia.id boleh menerima jamuan atau menjamu narasumber untuk kepentingan peliputan dan memperoleh informasi.
  5. Jurnalis presmedia.id boleh menerima tumpangan dalam kota dari narasumber.
  6. Jurnalis Presmedia.id boleh memperoleh penghasilan lain dari hadiah lomba karya tulis atau lomba yang sesuai dengan kompetensi jurnalis.
  7. Jurnalis presmedia.id diperbolehkan menerima hadiah dari perlombaan jika kapasitasnya di luar jurnalis.

Tentang Plagiat

  1. Jurnalis Presmedia.id tidak dibenarkan menjiplak hasil karya jurnalis lain serta mengakuinya sebagai karya sendiri.
  2. Jurnalis presmedia.id dapat menulis informasi atau issu yang sama dengan media lain dengan pola dan format pengembangan sebagaimana yang dianut Redaksi.
  3. Jurnalis presmedia.id wajib menerangkan sumber kutipan dengan jelas dari media lain sepanjang infrormasi dan kutipan tersebut sudah terpublikasi.

Tentang Sumber Anonim

  1. Jurnalis Presmedia.id wajib melindungi identitas sumber anonim dalam mendukung keterbukaan infromasi dan pengungkapan kasus untuk Kepentingan publik.
  2. Sumber anonim diperbolehkan jika berkaitan langsung dan berada di lingkaran pertama peristiwa.
  3. Jurnalis presmedia.id mengusahakan perjanjian dengan sumber anonim, jika informasi yang diberikan sesat dan bohong, jurnalis berhak membuka identitas si narasumber demi kepentingan hukum.

Tentang Karya Jurnalistik

  1. Jurnalis presmedia.id tidak dibenarkan mengirimkan berita prapublikasi kepada narasumber.
  2. Keberatan narasumber atas berita yang dipublikasi wajib dilayani melalui hak jawab yang proporsional.
  3. Jurnalis presmedia.id segera meralat informasi yang diketahuinya salah dan tidak akurat yang terlanjur dipublikasi.
  4. Kode etik ini dalam perkembangannya, dapat kami lengkapi demi penyempurnaan lebih lanjut.

Perlindungan Jurnalis 

  1. Jurnalis presmedia.id dalam bekerja melaksanakan tugas jurnalistik dilindungi Hukum dan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.
  2. Dalam menjalankan tugas, jurnalis presmedia.id berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dan menyampikan serta mempublikasikanya melalui media online presmedia.id dan saluran lainya yang tersedia.
  3. Dalam menjalankan tugas, jurnalis presmedia.id berhak mendapat perlindungan dari tindak kekerasan, baik kekerasan fisik berupa serangan terhadap fisik, penganiayaan, penculikan, penyanderaan dan pembunuhan, maupun kekerasan non-fisik berupa ancaman secara verbal dan intimidasi termasuk ancaman dan intimidasi berupa peretasan dokumen pribadi dan perundungan melalui perangkat digital (doxing).
  4. Karya jurnalis Presmedia.id yang sudah sesuai dengan Etika Jurnalisitik, dilindungi dari tindakan penyensoran, perusakan dan atau peretasan menggunakan sarana digital dan hal lainya.
  5. Jurnalis presmedia.id yang mengalami tindakan kekerasan dan ancaman sehubungan dengan tugas jurnaslitik yang dilakukan, mendapat perlindungan dan bantuan hukum dari perusahan.
  6. Perlindungan yang diberikan perusahaan berupa bantuan hukum dan advokasi serta hal lainya, dengan bekerjasama dengan pihak lain.
  7. Untuk teknis Standar Perlindungan Profesi Jurnalis presmedia.id dilakukan Perusahaan melalui Standar Standar Operasional (SOP) di Internal sesuai kondisi dan kemampuan.

Tanjungpinang  16 Juni 2019

Pemimpin Redaksi Presmedia.id