Perbaikan Pompa Belum Rampung, Pelanggan Air PDAM Sabar Iyah..!

Teknisi PDAM saat melakukan perbaikan Pompa di Waduk Gesek yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu.
Teknisi PDAM saat melakukan perbaikan Pompa di Waduk Gesek yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, yang dialiri dari Waduk Sei Gesek sepertinya harus banyak bersabar.

Pasalnya, pihak manajemen PDAM Tirta Kepri mengaku, hingga saat ini masih terus melakukan perbaikan pompa air di Waduk tersebut karena rusak akibat terencam banjir yang melanda Tanjungpinang dan Bintan awal Januari 2021 lalu.

Hal itu dikatakan PDAM pada Anggota DPRD Provinsi Kepri Rudy Chua, saat mempertanyakan keluhan masyarakat Tanjungpinang atas pelayanan air minum PDAM yang hingga saat ini belum mengalir.

“Sebenarnya PDAM Tirta Kepri menargetkan penyelesaian perbaikan mesin pompa tersebut pada Kamis (7/1/2021) kemarin. Namun, karena adanya hambatan, maka proses perbaikan hingga saat ini masih terus dilakukan,” ujarnya pada wartawan Jumat (8/1/2021).

Dengan kondisi itu, lanjut Politisi Hanura Dapil kota Tanjungpinang ini, PDAM meminta waktu kurang lebih sepekan lagi untuk pelaksanaan perbaikan.

“Hambatan yang dialami dikatakan PDAM, adalah proses pengeringan dan perbaikan pompa, dinamo dan panel listrik pada mesin Pompa paska banjir kemarin, kemungkinan pekerjaan perbaikan akan delay atau mundur seminggu lagi,” ujarnya usai meninjau Waduk Sei Gesek, Jumat (8/1/2012).

Kendati demikian, berdasarkan penjelasan dari pihak PDAM Tirta Kepri, untuk saat ini pihaknya sudah mengalihkan aliran air para pelanggan dari Simpang Batu 10 sampai Batu 5 sudah agar dibantu dengan air dari Sei Pulai.

Namun, untuk para pelanggan dari batu 10 menuju ke arah Gesek sepertinya harus lebih bersabar, karena masih akan menunggu sampai proses perbaikan selesai.

“Banyak perumahan sepanjang jalan tersebut seperti Air Raja, Galaxi, Griya Surya Indah, Griya Hangtuah Permai 1 & 4, Permata Bintan , Griya Permata Indah yang terputus air bersihnya,” terangnya.

Menyiasati persoalan tersebut, lanjut Politisi Hanura ini, untuk sementara PDAM akan membantu warga dengan menyuplai air mobil tanki. Namun demikian, pastinya bantuan tersebut juga sangat terbatas, mengingat PDAM hanya memiliki 3 mobil tanki.

“Tadi kami sudah koordinasi dengan BPBD Provinsi dan Kota Tanjungpinang dan mereka akan bantu dengan tiga mobil tangki untuk memenuhi kebutuhan ribuan warga masyarakat di daerah tersebut,” jelas Rudy.

Oleh karena itu, anggota Komisi II DPRD Kepri ini juga menghimbau Ormas dan LSM serta Parpol untuk bisa membantu droping air ke warga yang membutuhkan. PDAM akan menyediakan suplai air secara cuma-cuma di Waduk Sei Pulai.

“Jadi yang berniat membantu cukup sediakan mobil tangki dan bisa berkoordinasi ke PDAM tentang titik yang perlu dibantu. Dengan gotong royong tentu akan lebih mudah dan cepat untuk membantu warga yang terimbas tersebut. Bagi pihak yang mau ikut terlibat bisa menghubungi 21574,” tutup Rudy Chua.

Penulis:Ismail
Editor :Redaksi