PRESMEDIA.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, mendesak PT.Pelindo Multi Terminal Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), agar menyediakan fasilitas bagi pengunjung disabilitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.
Ketua DPRD Tanjungpinang, Agus Djurianto, mengatakan Fasilitas disabilitas pada pelabuhan Internasional SBP ini sangat dibutuhkan, sebagai komitmen pemerintah terhadap fasilitas yang ramah disabilitas.
Atas hal itu, Ia meminta, agar General Manager (GM) Pelindo Tanjungpinang segera mempersiapkan fasilitas yang diperlukan.
“Saya juga menekankan ke GM Pelindo untuk mempersiapkan fasilitas dan tempat bagi disabilitas,” ujar Agus setelah menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Dinas Sosial Tanjungpinang, Jumat (6/12/2024).
Agus menyampaikan kunjungan Komisi III DPRD Tanjungpinang ke Pelabuhan SBP menunjukkan Pelindo baru mulai mempersiapkan fasilitas tersebut.
“Setelah kunjungan kami, Pelindo baru mau mempersiapkan,” ungkapnya.
Pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri telah menunjukkan kepedulian luar biasa terhadap komunitas disabilitas.
Agus berharap Dinas Sosial Kota Tanjungpinang dapat terus meningkatkan fasilitas penunjang bagi para disabilitas.
“Kalau sekarang, insya Allah perhatian Pemerintah terhadap disabilitas sudah luar biasa. Kami sangat peduli sekali kepada mereka,” tutup Agus.
Ketua Komisi III DPRD Tanjungpinang, Novaliandri Fathir, juga menyoroti pelayanan dan fasilitas di Pelabuhan SBP yang dikelola BUMN.
Ia memberikan masukan, agar layanan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dapat ditingkatkan, termasuk perbaikan sarana pintu masuk dan keluar, perbaikan ponton, dan penataan parkir.
“Perbaikan ini merupakan masukan positif yang dapat meningkatkan layanan terminal untuk kenyamanan para penumpang,” ujar Fathir.
Sebagai pelabuhan strategis yang menghubungkan Tanjungpinang dengan berbagai kota lain, SBP diharapkan dapat terus beroperasi dengan fasilitas yang memadai.
Menanggapi masukan tersebut, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), bagian dari Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menyatakan kesiapannya untuk menerima dan menindaklanjuti masukan dari Komisi III DPRD Tanjungpinang.
Branch Manager SPMT Tanjungpinang, Tonny Hendra Cahyadi, mengatakan pihaknya akan segera melakukan perbaikan sarana dan pelayanan sesuai dengan komitmen untuk meningkatkan layanan kepelabuhanan.
“Masukan yang disampaikan akan segera kami tindak lanjuti sesuai dengan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepelabuhanan,” kata Tonny.
Tonny menambahkan bahwa SPMT juga sedang melakukan peningkatan fasilitas, seperti penataan parkir dan pengaspalan jalan, untuk memastikan kenyamanan penumpang selama musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
“Dalam bulan ini, kami akan mengupayakan pengaspalan selesai dan pembenahan fasilitas lainnya agar para penumpang merasa lebih aman dan nyaman,” tutup Tonny.
Penulis: Roland
Editor : Redaktur
Komentar