
PRESMEDIA.ID– Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menggelar AMSI Award 2025, ajang penghargaan tahunan yang menyoroti inovasi media di tengah tantangan disrupsi digital dan perkembangan kecerdasan buatan (AI) yang semakin pesat.
Tahun ini menjadi penyelenggaraan AMSI Award yang kelima, dengan semangat mendorong media agar terus beradaptasi, berinovasi, dan berkolaborasi di tengah perubahan ekosistem industri digital.
Ketua AMSI Pusat, Wahyu Dhyatmika, menegaskan bahwa dunia media saat ini menghadapi beragam tantangan besar, mulai dari perubahan perilaku pembaca, banjir informasi palsu (hoaks), hingga penurunan pendapatan iklan.
“Untuk bisa bertahan (survive) sekaligus menjadi media yang sehat dan dipercaya publik, media perlu menerapkan strategi menyeluruh—mulai dari aspek redaksi, teknologi, hingga bisnis,” ujar Wahyu dalam malam puncak Indonesia Digital Conference 2025 di The Hub Sinar Mas Land, Jakarta Selatan, Kamis malam (23/10/2025).
Wahyu, yang juga CEO Tempo Digital dan aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI), menambahkan bahwa esensi AMSI Award bukan hanya tentang siapa yang menang, tetapi tentang proses saling belajar dan berbagi antar pelaku media.
“Yang menang jangan jumawa, dan yang belum menang jangan berkecil hati. Justru yang menang sebaiknya berbagi pengalaman dan ilmu kepada rekan-rekan media lainnya,” pesannya.
Sementara itu, Ketua Panitia AMSI Award 2025, Prodita Sabarini, menjelaskan bahwa tahun ini terdapat lima kategori penghargaan yang dinilai oleh juri internal dan eksternal.
Kelima kategori tersebut adalah:
1.Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Jangkauan Konten Terbaik (Audience Reach)
2.Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Engagement Media Sosial Terbaik (Users Engagement)
3.Media dengan Inovasi Produk dan Teknologi Terbaik (Product and Tech)
4.Media dengan Inovasi Kebijakan Keberagaman dan Inklusivitas Terbaik (Diversity and Inclusivity)
5.Media dengan Inovasi Komersial dan Pengembangan Revenue Stream Terbaik (Commercial)
Prodita menjelaskan, proses penilaian dilakukan secara berlapis. Tahap pertama dilakukan oleh juri internal AMSI, yang terdiri dari: Citra Dyah Prastuti (KBR Media), Prodita Sabarini (The Conversation Indonesia), Wahyu Dhyatmika (Tempo), Wenseslaus Manggut (Kapanlagi Youniverse), dan Maryadie (Kabar Bursa).
Selanjutnya, hasil seleksi tersebut dikurasi kembali oleh juri eksternal, yaitu: Okki Rushartomo (PT Bank Negara Indonesia Tbk), Prof. Ika Idris (Monash University), Windy Riswantyo (PT Astra International Tbk), Stanley Adi Prasetyo (tokoh pers), dan Komaruddin Hidayat (Ketua Dewan Pers).
Daftar Pemenang AMSI Award 2025;
1.Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Jangkauan Konten Terbaik (Audience Reach)
Media Skala Besar: Tribun Kaltim
Media Skala Kecil: Murianews
2.Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Engagement Media Sosial Terbaik (Users Engagement)
Media Skala Besar: Suara.com
Media Skala Kecil: Sumselupdate.com
3.Inovasi Produk dan Teknologi Terbaik (Product and Tech)
Media Skala Besar: HukumOnline.com
Media Skala Kecil: NUOnline.com
4.Inovasi Kebijakan Keberagaman dan Inklusivitas Terbaik (Diversity and Inclusivity)
Media Skala Besar: Espos.id
Media Skala Kecil: Konde.co
5.Inovasi Komersial dan Pengembangan Revenue Stream Terbaik (Commercial)
Media Skala Besar: IDN Times
Media Skala Kecil: The Conversation Indonesia
Penulis:Presmedia
Editor :Redaksi













