
PRESMEDIA.ID – BPJS Ketenagakerjaan kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih 14 penghargaan pada forum International Social Security Association (ISSA) yang digelar pada 3–5 Desember 2024 di Riyadh, Arab Saudi.
Dalam forum ISSA Good Practice Award 2024, sebanyak 187 karya dari 34 instansi anggota ISSA dari 21 negara diperlombakan. BPJS Ketenagakerjaan berhasil membawa pulang 10 penghargaan ISSA Good Practice, 3 penghargaan ISSA Recognition, dan 1 penghargaan ASSA Recognition.
Deretan Penghargaan yang Diraih
10 Penghargaan ISSA Good Practice:
1. INSANOVA: A Chamber for Innovator
2. #SERTAKAN: Memberikan perlindungan kepada pekerja informal melalui kesadaran karyawan
3. Transformasi digital layanan Contact Center 175 bagi pekerja migran Indonesia di luar negeri
4. Perluasan cakupan jaminan sosial untuk kelompok rentan melalui “Strategi 345”
5. Implementasi sistem informasi korespondensi dan aplikasi arsip digital
6. Agen Integritas sebagai katalis untuk sistem kontrol penipuan yang lebih efektif
7. Aplikasi Jamsostek Mobile: Juara pengalaman pelanggan
8. Layanan berbasis syariah dalam implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia
9. Transformasi komunikasi jaminan sosial melalui kampanye Kerja Keras Bebas Cemas
10. Pemanfaatan SIPATUH sebagai aplikasi uji kepatuhan untuk pencegahan dan deteksi kesalahan serta penipuan
3 Penghargaan ISSA Recognition:
1. ISSA Guidelines on Administrative Solutions for Coverage Extension
2. ISSA Guidelines on Error, Evasion, and Fraud in Social Security Systems
3. ISSA Guidelines on Human Resource Management in Social Security Administration
1 Penghargaan ASSA Recognition:
1. Layanan berbasis syariah dalam implementasi dana jaminan sosial ketenagakerjaan.
Komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk Transformasi Layanan
Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Muhammad Zuhri, menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan serta dukungan para pemangku kepentingan.
“Kami bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan tugas, fungsi, serta memberikan saran atas kebijakan strategis manajemen. Kami memastikan pelayanan kepada peserta dilakukan secara efisien dan optimal,” ujar Zuhri dalam rilis yang diterima Sabtu (7/12/2024).
Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Roswita Nilakurnia, menyatakan bahwa penghargaan ini bukan hanya pengakuan, tetapi juga motivasi untuk terus berinovasi.
“Kesuksesan ini terwujud berkat kerja keras tim dan kolaborasi erat dengan berbagai pihak. Dengan penghargaan ini, kami berkomitmen meningkatkan layanan, memperluas cakupan, dan memastikan jaminan sosial memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ungkap Roswita.
BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya mewujudkan universal coverage serta layanan yang mudah diakses, adil, dan akuntabel.
“Dengan menyederhanakan proses, memanfaatkan teknologi, dan memperluas layanan, kami menciptakan masa depan cerah bagi pekerja Indonesia agar mereka bisa Kerja Keras Bebas Cemas,” tutup Roswita.
Penulis: Roland
Editor : Redaktur